Bung Towel Nilai Stefano Lilipaly Pantas Masuk Skuad Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pengamat sepak bola Tommy Welly memberikan perhatian khusus terhadap keputusan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong yang tidak memasukkan Nadeo Argawinata dan Stefano Lilipaly ke skuad Piala Asia 2023. Bung Towel menilai hal itu dinilai tidak adil dan mencurigakan sehingga mengisyaratkan sang pelatih sedang mencari penggantinya. alasan yang tidak meyakinkan.

Lilipaly dan Nadeo tidak masuk dalam daftar pemain yang berangkat ke Turki untuk pemusatan latihan. Shin Tae-yong memberikan alasannya tersendiri atas keputusannya tersebut antara lain kondisi fisiknya yang dinilai kurang memadai hingga keputusan memilih Syahrul Trisna. Namun penjelasan tersebut menimbulkan kontroversi di kalangan masyarakat.

Sebelum berangkat ke Turki, Shin Tae-yong juga menyatakan kondisi fisik Lilipaly kurang memadai, sedangkan Nadeo tidak dipanggil karena menilai Syahrul Trisna sudah lebih tenang.

Stefano Lilipaly membela Timnas Indonesia (doc. pssi.org)

Bung Towel menilai keputusan Shin Tae-yong tidak memanggil kedua pemain tersebut kurang transparan. Faktanya, Lilipaly dan Nadeo sudah menunjukkan performa apik di Liga 1 2023-2024. Baginya, penilaian terhadap pemain yang layak masuk Timnas Indonesia harus didasarkan pada performa kompetitif.

Menurut saya jawabannya belum jelas. Stefano Lilipaly dinilai punya kelemahan di sektor fisik, kata Bung Towel dalam acara Diskusi Pers Minum Turun PSSI.

Menurut Bung Towel, alasan tersebut tidak adil bagi Lilipaly.

“Dia dinilai punya kekurangan fisik, tapi apakah fisiknya benar-benar lemah dibandingkan Dimas Drajad dan Dendy Sulistyawan?” katanya lagi.

Alasan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong menjelaskan alasan Stefano Lilipaly tidak dipanggil ke Timnas Indonesia. Meski performa menggembirakan terlihat di BRI Liga 1.

Meski mencetak sembilan gol dan 11 assist dalam 23 pertandingan bersama Borneo FC, Lilipaly tak memenuhi kriteria pelatih asal Korea Selatan itu.

Meski mengakui kehebatan Lilipaly, Shin Tae-yong mengungkapkan kekhawatirannya terhadap kondisi fisik sang pemain yang disebutnya tidak akan bertahan lama di Piala Asia 2023.

Meski Borneo FC saat ini memimpin klasemen Liga 1 dengan 51 poin, unggul 10 poin dari Bali United di peringkat kedua, Lilipaly tak akan merasakan panggilan untuk bergabung ke timnas Indonesia.

Alasan utama yang ditonjolkan Shin Tae-yong adalah kondisi fisik dan stamina Lilipaly yang dirasa belum cukup untuk bersaing dengan tim-tim kuat di Piala Asia.

“Lilipaly adalah pemain yang sangat bagus di liga. Saya telah melihatnya secara langsung dan dia jelas tampil sangat baik di liga. Namun jika kami bermain melawan tim di atas kami, secara fisik kami akan sangat lelah. Memang benar saya Saya sudah melihat Lilipaly secara langsung selama beberapa tahun sekarang, tapi “Untuk Piala Asia, sepertinya sangat sulit secara fisik,” kata Shin Tae-yong.