Bung Binder Bilang Naturalisasi “Halal” Lanjutkan Saja untuk Timnas Indonesia, Bagaimana Nasib Pemain Lokal? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Naturalisasi Timnas Indonesia yang tiada henti menjadi fokus pengamat sepak bola Bung Binder. Ia memberikan dukungan penuh terhadap program naturalisasi yang diusung Timnas Indonesia.

Meski program naturalisasi Timnas Indonesia menuai pro dan kontra. Bung Binder menilai program ini patut dilanjutkan oleh PSSI.

Menurutnya, penambahan pemain diaspora merupakan langkah positif, asalkan memiliki keturunan Indonesia, hal tersebut diungkapkan langsung oleh Bung Binder melalui akun YouTube miliknya. sudut Hasani.

Pemain naturalisasi, Justin Hubner. (Instagram/Justinhubner5)

“Menurut saya, tambah saja pemain diaspora, apa salahnya, tapi harus keturunan Indonesia, itu yang utama dulu.”

Meski ada yang khawatir program naturalisasi akan mengurangi peluang pemain lokal, namun Bung Binder justru melihatnya sebagai motivasi tambahan bagi pemain lokal.

“Kenapa harus takut dengan pemain lokal, tidak perlu takut dengan pemain kompetisi dalam negeri. Bersaing untuk masuk timnas,” tegasnya.

Menurutnya, untuk memperkuat timnas Indonesia perlu merekrut empat hingga lima pemain baru melalui naturalisasi.

Bung Binder menegaskan, kehadiran pemain naturalisasi tidak menjamin mendapat tempat utama di tim.

Ia mencontohkan pengalaman Shin Tae-yong yang membuktikan tak semua pemain naturalisasi bisa langsung mendapat tempat di timnya.

Bung Binder juga mengkritisi anggapan pemain naturalisasi bisa mempengaruhi potensi pemain lokal.