Bukti SUGBK Tidak Angker Buat Vietnam, Timnas Indonesia Tak Pernah Menang di Situ – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026, dengan pertemuan pertama dijadwalkan pada 21 Maret 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Garuda memastikan lolos ke babak kedua setelah mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor agregat 12-0 di laga penentuan.

Di fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia yang belum pernah menang menghadapi Irak (kalah 1-5) dan Filipina (imbang 1-1).

BACA JUGA: Cocokkan Harga Pasaran Team Waterink vs Ole Romeny, Siapa Lebih Tinggi?

Saat ini tantangan selanjutnya menanti dengan pertemuan melawan Vietnam.

Ternyata SUGBK kurang menakutkan bagi Timnas Vietnam

Berdasarkan laman RSSSF, pertemuan pertama antara Timnas Indonesia dengan Vietnam (saat masih menjadi Vietnam Utara) di SUGBK terjadi pada tahun 1963, dan saat itu,

Skuad Garuda berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-1. Dalam beberapa dekade berikutnya, pertemuan kedua tim kerap dilakukan di luar Jakarta, seperti di Bangkok dan Korea Selatan, yang melibatkan Vietnam Utara dan Selatan.

BACA JUGA: Dua Pemain Persib Bandung yang Pernah Melawan Ragnar Oratmangoen, Ada Mantan Pemain Timnas Indonesia

Tepatnya pada tahun 1997, di SEA Games, Vietnam akhirnya bisa mencicipi rumput SUGBK. Namun hasilnya Timnas Indonesia hanya mampu bermain imbang 2-2.

SUGBK kembali menjadi tuan rumah saat Timnas Indonesia bertemu Vietnam di Piala Harimau (Piala AFF) 2002, dan lagi-lagi laga berakhir imbang 2-2.

Kesempatan terakhir SUGBK menjadi tuan rumah pertandingan timnas Indonesia dan Vietnam adalah pada Januari 2023.

Meski berkeinginan menentukan pemenang, hasil akhirnya imbang atau 0-0.

Sejarah pertemuan ini memang menunjukkan beberapa kali hasil imbang yang berulang, namun tetap menarik untuk dinantikan bagaimana perkembangan rivalitas kedua tim ini kedepannya.

Kontributor: Imadudin Robani Adam