Bukan Negara Besar Sepak Bola, tapi Sedang Naik Daun – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Bek Belanda-Indonesia Jay Idzes buka-bukaan tentang kesannya terhadap sepak bola Indonesia. Ia mengatakan, Indonesia bukanlah negara besar dalam sepak bola, namun sedang berkembang.

Jay Idzes menjadi pemain keturunan terkini yang menjalani proses naturalisasi. Ia diharapkan bisa segera berseragam Timnas Indonesia.

Sembari menunggu proses naturalisasi, Jay Idzes banyak bercerita tentang sepak bola Indonesia. Ia mengaku sudah tak sabar mengenakan jersey kebanggaan Merah Putih.

“Baru-baru ini saya dipanggil ke timnas Indonesia (untuk naturalisasi),” kata Jay, dikutip dari situs klub Go Ahead Eagles, Kamis (30/11/2023).

“Pada bulan September saya terbang ke Indonesia untuk mengadakan pembicaraan dengan asosiasi tersebut, dan rencana masa depan terlihat menjanjikan.”

Jay Idzes saat membela klubnya, Venezia (instagram/@Jayidzes)

“Proses netralisasi telah dimulai dan saya tidak sabar untuk memainkan pertandingan internasional pertama saya.”

Lebih lanjut, bek asal Venezia itu menilai Indonesia adalah negara yang sedang naik daun di dunia sepak bola, meski prestasinya masih kurang menggembirakan.

“Ini negara besar, berpenduduk 270 juta orang, tapi ini bukan negara sepak bola yang besar,” kata Jay Idzes.

Misalnya kita belum pernah ikut Piala Dunia. Tapi menurut saya timnas Indonesia sudah semakin membaik.

Peluang Jay Idzes untuk segera berseragam timnas Indonesia setidaknya di Piala Asia 2023 awal tahun depan cukup besar. Selain mempercepat naturalisasi, kondisi pemain juga membaik.

Jay mengalami gangguan kesehatan setelah dinyatakan mengidap Trombosis Vena dengan Emboli Paru Mikro. Hingga bulan lalu, Jay tidak mengikuti pertandingan bersama Venezia FC sebelum mulai pulih dan berlatih.

Pemain berusia 23 tahun itu sudah melewatkan lima pertandingan Serie B Italia musim 2023/2024. Sebelumnya, Jay Idzes selalu menjadi pilihan utama Venezia FC.

Kini, pemain yang berposisi sebagai bek itu memberi kabar gembira bahwa kondisinya mulai membaik. Bahkan, Jay Idzes pun mengaku sudah mulai berlatih kembali.

“Saya bahagia di Venesia, sayangnya saya cedera selama sebulan karena trombosis di bahu saya yang mengganggu saya,” ujarnya.

“Ini mungkin terdengar lebih intens dari yang sebenarnya.”

Saya sudah mulai berlatih lagi dan pemulihannya baik. Mudah-mudahan bisa segera fit kembali, kata Jay Idzes, dikutip dari situs Ga-Eagles.