Bukan Cuma Gara-gara Messi, Ini Alasan Barcelona Ngebet Boyong Ilkay Gundogan ke Camp Nou – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Barcelona mengubah target di bursa transfer musim panas ini setelah kehilangan prioritas nomor satu, Lionel Messi, dan mengalihkan fokus ke Ilkay Gundogan. Barcelona juga dikabarkan akan segera mendapatkan jawaban dari gelandang asal Jerman tersebut.

Agen Ilkay Gundogan, Ilhan Gundogan, sebelumnya menegaskan tidak akan mempertimbangkan masa depannya hingga final Liga Champions. Kini usai final Liga Champions usai, Gundogan berhasil mengantarkan Manchester City meraih gelar juara pertama kompetisi kasta tertinggi Eropa tersebut.

Gelandang Manchester City Ilkay Gundogan merayakan gol pembuka selama pertandingan sepak bola final Piala FA Inggris antara Manchester City dan Manchester United di stadion Wembley, di London, pada 3 Juni 2023. Glyn KIRK / AFP

Manajer Manchester City Josep Guardiola tampaknya terus membujuk Gundogan untuk bertahan di stadion Etihad musim depan, dan tidak jelas bagaimana kemenangan Liga Champions akan memengaruhi hal itu.

Dilansir Football Espana, Selasa (13/6/2023), ada beberapa alasan utama mengapa Barcelona nekat mendatangkan pemain berusia 32 tahun tersebut.

Yang pertama adalah harga, mengingat kesulitan keuangan Barcelona. Barcelona bisa mendatangkan pemain berkualitas secara gratis karena kontrak Gundogan dengan City telah habis.

Xavi Hernandez juga menyukai keserbagunaan Gundogan, dan melihatnya mampu memainkan salah satu dari empat peran utama yang dapat diberikan kepadanya. Ia merasa playmaker Manchester City itu akan merasa seperti ‘orang dalam’, pivot dan pemain sayap, seperti yang dilakukan Gavi musim ini.

Pelatih Blaugrana pun yakin kehadiran Gundogan bisa mendongkrak permainan mereka di tengah lapangan. Barcelona terlalu sering dipaksa keluar musim lalu, dan kesulitan menciptakan peluang melalui lini tengah, terutama tanpa Pedri. Akibatnya Robert Lewandowski dibiarkan terisolasi.

Cukup jelas kehadiran Gundogan akan menguntungkan El Barca dari segi pengalaman. Terutama menghidupkan lini tengah Barcelona yang merupakan kunci sukses permainan kaki-ke-kaki ala Barca.

Terakhir, Gundogan menambah ancaman gol dari lini tengah. Musim lalu, pemain Jerman itu mencetak 11 gol dalam 51 pertandingan untuk City di semua kompetisi.

Jika Barcelona gagal mendapatkan Gundogan, Xavi Hernandez dipastikan akan pusing. Karena aman untuk mengatakan bahwa tidak ada pemain di bursa transfer musim panas ini yang mendekati profil Gundogan.

Profil pemain yang dibutuhkan Barcelona untuk memainkan beberapa peran kunci jauh dari sempurna sejak Lionel Messi pindah ke PSG dua musim lalu. Messi sendiri kini telah memutuskan untuk melanjutkan karir di MLS bersama Inter Miami.