Bersejarah, Bentrok Perdana di Piala Asia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas Indonesia dan Vietnam akan memasuki babak baru rivalitas kedua negara saat bentrok di Grup D Piala Asia 2023.

Laga antara skuad Garuda melawan The Golden Star Warriors akan mengukir sejarah karena pertama kali kedua negara bertemu dalam 52 tahun Piala Asia.

Saking menarik dan bersejarahnya laga ini, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) secara khusus mengulas potensi pertarungan kedua rival Asia Tenggara tersebut dalam artikel resminya.

Timnas Indonesia dan Vietnam adalah dua tim yang tidak perlu diperkenalkan satu sama lain. Duo ini sudah bertahun-tahun saling berhadapan di Asia Tenggara, tulis AFC, dikutip Pahami.id, Kamis (11/1/2024). .

“[Pertemuan kedua negara] memberi kami beberapa pertandingan paling berkesan di Piala AFF dengan yang terbaru adalah semifinal edisi 2022 ketika Vietnam menang agregat 2-0.”

Namun yang membuat pertandingan 19 Januari ini semakin spesial adalah fakta bahwa ini adalah pertama kalinya dalam 52 tahun kedua tim Asia Tenggara ini bertemu di Piala Asia AFC.

Para pemain Timnas Indonesia merayakan keberhasilan usai menjebol gawang Libya (pssi.org)

Vietnam akan turun ke lapangan dengan harapan dapat memperpanjang performa luar biasa mereka di tahun 2019, di mana mereka mampu lolos dari babak penyisihan grup.

Namun, mereka akan mendapat tantangan karena kini dibimbing oleh ahli taktik baru Philippe Troussier yang menggantikan Park Hang-seo yang kontraknya akan habis pada awal 2023.

Sementara bagi Garuda yang dipimpin Shin Tae-yong, ini menjadi momen penting karena mereka kembali ke pentas kontinental untuk pertama kalinya sejak 2007.

Pada edisi ke-17 tahun lalu, Timnas Indonesia otomatis lolos ke final karena berstatus tuan rumah bersama Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

AFC menilai laga Timnas Indonesia vs Vietnam di matchday kedua Grup D akan sangat penting dalam mempengaruhi peluang kedua tim lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Sebagai informasi, timnas Indonesia dan Vietnam berada di grup yang agak sulit. Dua lawan mereka lainnya adalah Jepang dan Irak.

Jepang menjadi tim peraih gelar terbanyak di ajang ini dengan empat gelar, sedangkan Irak menjadi tim juara edisi 2007.

Laga wakil ASEAN di Grup D dinilai menjadi peluang terbesar bagi Indonesia dan Vietnam untuk setidaknya finis sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik untuk melaju ke fase gugur.

“Dan dengan persaingan yang ketat antar suporter, kedua kubu hanya mengincar kemenangan saat saling berhadapan di laga kedua grup,” tulis AFC.

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam di Grup D Piala Asia 2023 pada 19 Januari 2024. Laga tersebut akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha.

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.