Berikut 5 Pelatih Timnas Indonesia di Setiap Kategori, Teranyar Satoru Mochizuki – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Struktur kepelatihan Timnas Indonesia semakin kokoh dengan kedatangan Satoru Mochizuki, pelatih asal Jepang.

Perkenalan resmi dilakukan pada Selasa (20/2/2024) saat Erick Thohir, General Manager PSSI menjelaskan, perekrutan Mochizuki berdasarkan pengalamannya yang luas sebagai pelatih tim putri.

Keputusan ini juga dipengaruhi oleh reputasi baik Jepang di sepakbola wanita.

Satoru Mochizuki (kanan) saat diperkenalkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri). (pssi.org)

Baca juga: Victor Osimhen Balas Gol Robert Lewandowski, Napoli Vs Barcelona Imbang 1-1

Nah, kali ini Pahami.id ingin mengajak Anda mengenal pelatih timnas Indonesia di setiap kategori, kecuali Mochizuki. Siapa mereka?

Pemimpin Shin Tae-yong

Hingga saat ini, Shin Tae-yong masih menangani dua grup utama Timnas Indonesia, yakni Timnas Indonesia senior dan Timnas U-23. Kontraknya bersama PSSI masih berlaku hingga akhir Juni 2024.

Sebelum kontraknya habis, Shin Tae-yong punya dua agenda penting yang harus diselesaikan. Pertama, menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Maret mendatang, dan kedua, persiapan Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung pada April mendatang.

Meski belum meraih gelar juara, Shin Tae-yong berhasil meningkatkan peringkat FIFA Timnas Indonesia secara signifikan. Karirnya sebagai pelatih membawa dampak positif bagi prestasi tim, meski tantangan besar masih menghadang di dua turnamen berikutnya.

2 Pelatih Lokal Meliputi Kelompok Umur

Sementara dua pelatih lokal yakni Indra Sjafri dan Nova Arianto berperan penting dalam menangani timnas Indonesia di kelompok umur.

Indra Sjafri menjabat sebagai pelatih kepala Tim Nasional U-20 Indonesia yang bertugas memimpin dan mengembangkan potensi pemain muda. Di sisi lain, Nova Arianto kini menukangi Timnas U-16 Indonesia, memberikan arahan dan bimbingan kepada generasi muda guna membentuk pemain masa depan.

Dengan tugasnya yang tidak mudah, keduanya memiliki tujuan yang ambisius. Indra dan Nova ingin membawa timnya berlaga di Piala Asia sesuai kelompok umur masing-masing. Dengan dedikasi dan pengalamannya diharapkan dapat membimbing para pemain untuk meraih prestasi membanggakan di turnamen tersebut.

· Timnas Indonesia senior: Shin Tae-yong

· Timnas U-23 Indonesia: Shin Tae-yong

· Timnas U-20 Indonesia: Indra Sjafri

· Timnas U-16 Indonesia: Nova Arianto

· Timnas Wanita Indonesia : Satoru Mochizuki

Kontributor: Imadudin Robani Adam