Bentrok 9 Januari di Laga Uji Coba, Ini Perbandingan Timnas Indonesia vs Iran yang Bikin Ngeri – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas Indonesia bersiap menghadapi tantangan berat pada laga uji coba melawan Iran, Selasa (9/1/2024), jelang keikutsertaan di Piala Asia 2023.

Ini menjadi ujian terakhir bagi timnas Indonesia sebelum tampil di turnamen AFC edisi ke-18 yang akan dimulai pada 12 Januari mendatang.

Perjalanan timnas Indonesia dan Iran dimulai pada 13 Desember 1966, saat keduanya berlaga di enam laga terakhir Asian Games 1966 di Bangkok.

Para pemain timnas Iran saat sesi foto sebelum pertandingan. (Matahari)

Laga tersebut menjadi momen bersejarah, dimana Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Iran dengan skor 1-0 sehingga menyebabkan Garuda gagal melaju ke babak semifinal dengan status terbawah Grup B2.

Asian Games 1970 merupakan babak kedua skuad Garuda kembali bertemu Iran di laga penyisihan grup.

Kali ini Timnas Indonesia berhasil menyamakan kedudukan dengan Iran dengan skor 2-2 berkat kontribusi luar biasa Soetjipto Soentoro (71′) dan Iswadi Idris (83′).

Hasil ini membawa Timnas Indonesia lolos ke enam tim terakhir usai bermain imbang dengan Korea Selatan.

Meski meraih hasil imbang pada pertemuan tersebut, Timnas Indonesia kemudian mengalami tiga kekalahan beruntun pada pertemuan berikutnya dengan Iran.

Kekalahan pertama terjadi pada Kualifikasi Piala Asia 1984, dimana Timnas Indonesia takluk 0-1 pada 13 Agustus 1984 di Senayan, Jakarta, gagal melaju ke babak final.

Pertemuan selanjutnya terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2014, dimana timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Iran sebanyak dua kali.

Pertama, kalah 0-3 di Teheran pada 2 September 2011, dan kedua, kalah 1-4 di Senayan pada 15 November 2011.

Ini menjadi catatan pahit yang masih membekas dalam sejarah pertemuan kedua timnas.

Sekilas, pertemuan Indonesia dan Iran menggambarkan sebuah perjalanan yang penuh dinamika dan perubahan, dimana kedua tim bersaing memperebutkan prestasi selama beberapa dekade terakhir.

Kedua tim akan saling berhadapan dalam sebuah ujian yang menegangkan, dan bagi Indonesia, hal ini tidak hanya sekedar mengukur kemampuan mereka, namun juga menjadi sebuah cerita baru dalam perjalanan mereka di dunia sepak bola internasional.