Bek Tengah Termahal Dunia, Ternyata Nilai Transfer Josko Gvardiol Lampaui Harry Maguire – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Saga transfer Josko Gvardiol akhirnya selesai setelah Manchester City merampungkan transfer bek tengah asal Kroasia tersebut pada Sabtu (5/8/2023) kemarin.

Tidak disebutkan berapa biaya yang dikeluarkan oleh Manchester City untuk memboyong Josko Gvardiol dari RB Leipzig. Namun, berbagai sumber terpercaya seperti ESPN dan Sky Sport menyebut harganya mencapai 90 juta euro atau setara Rp 1,50 triliun.

Manchester City pun bermaksud menjadikannya sebagai aset di masa depan. Bek berusia 21 tahun itu dikontrak hingga musim 2028 mendatang.

“Saya selalu bermimpi untuk main di Liga Inggris. Ini adalah sebuah kebanggaan bagi saya untuk bergabung dengan Manchester City,” ujarnya dilansir dalam situs resmi klub. 

“Saya yakin, saya akan lebih berkembang lagi di bawah asuhan Guardiola, pelatih terbaik di dunia,” lanjutnya.

Harga transfer yang disepakati oleh Manchester City dan Leipzig tersebut membuat Gvardiol resmi menjadi bek termahal di dunia. Ia mengalahkan Harry Maguire.

Harry Maguire sebelumnya memecahkan rekor transfer bek termahal di dunia saat didatangkan Manchester United seharga 87 juta euro dari Leicester City pada 2019.

Harga fantastis yang dikeluarkan oleh Manchester City untuk membayar Gvardiol tidak terlepas dari kualitas pemain yang mencuat namanya usai Piala Dunia 2022.

Dengan usianya yang masih 20 tahun saat itu, Josko Gvardiol menjadi tulang punggung Kroasia yang mampu meraih peringkat ketiga.

Josko Gvardiol sendiri bergabung dengan Leipzig dari Dinamo Zagreb pada 2020. Dia mencatatkan 87 penampilan di semua kompetisi untuk klub Bundesliga sejak debutnya pada 2021 dan membantu memenangkan gelar Piala Jerman pertama mereka serta mencapai semifinal Liga Europa.

[Aditia Rizki]