Banjir Dukungan, Teriakan ‘Matilah Israel’ Menggema di Laga Iran vs Palestina – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Laga Iran vs Palestina pada laga pertama Grup C Piala Asia 2023 diwarnai dengan besarnya dukungan suporter terhadap kemerdekaan Palestina melalui teriakan dan yel-yel di Stadion Kota Pendidikan, Al Rayyan, Minggu (15/1). /2024).

Dalam laga yang berakhir dengan kemenangan 4-1 untuk Iran, beberapa aksi dukungan terhadap Palestina dilakukan suporter menyusul penyerangan Israel ke Gaza.

Laporan dari AFP, Stadion Kota Pendidikan yang dipenuhi 27.619 penonton dipenuhi dekorasi dukungan terhadap Palestina. Selain spanduk, penonton juga meneriakkan ayat-ayat positif untuk Palestina.

Nyanyian ‘Bebaskan Palestina’ terdengar nyaring sepanjang pertandingan. Tidak hanya itu, AFP melaporkan para pendukung Iran juga meneriakkan ‘Matilah Israel’.

Kelompok yang sama juga meneriakkan “Palestina, Palestina”, juga dalam bahasa Arab,” tulisnya AFP.

Pendukung yang mengenakan jilbab keffiyeh dan bendera nasional Palestina berwarna merah, putih, hijau dan hitam melipat bahu mereka saat lagu kebangsaan dinyanyikan.

Di luar stadion, sebagian besar suasana perayaan di kalangan penggemar menyerukan kemarahan atas serangan Israel di Gaza, dengan demonstrasi kecil yang melibatkan puluhan pendukung meneriakkan “Palestina, Palestina” di zona penggemar.

Youssef Nasser Issa, seorang insinyur biomedis dari Bethlehem di Tepi Barat mengatakan menghadiri Olimpiade adalah “hal paling tidak yang dapat kami lakukan untuk negara kami”.

Selain suporter, pemain Iran yang mencetak gol kedua timnya di laga ini, Shojae Khalilzadeh juga menunjukkan dukungannya terhadap Palestina. Dia sengaja tidak merayakannya terlalu banyak.

Sebelum pertandingan, Nasser Harandi, 15, dari Teheran mengatakan dia mengharapkan Iran menang di Doha namun juga berharap bahwa menghadiri pertandingan tersebut akan “membantu menghentikan perang di Gaza”.

“Saya sangat sedih mengenai hal itu,” kata Harandi tentang perang tersebut.

“Tetapi saya pikir datang ke sini juga… membantu Palestina menyuarakan penolakan mereka terhadap perang di Gaza,” tambahnya.