Australia, Negara Anggota AFF yang Tak Pernah Ikut Turnamen tapi Lolos ke Piala Dunia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – AFF atau Federasi Sepak Bola ASEAN kini memiliki 12 negara. AFF sendiri merupakan asosiasi sepak bola Asia Tenggara yang berada di bawah naungan AFC.

Piala AFF merupakan ajang tertinggi dan bergengsi di kawasan Asia Tenggara. Namun baru pada tahun 2016 ini status Piala AFF dinaikkan dan masuk dalam kategori A atau turnamen kecil di luar konfederasi Asia, AFC.

Meski begitu, salah satu negara anggota AFF yaitu Australia tercatat belum pernah mengikuti Piala AFF.

Padahal, Australia sudah terdaftar menjadi anggota AFF sejak tahun 2013. Saat itu, mereka memindahkan Konfederasi dari Oseania ke AFC dan bergabung dengan AFF.

Namun sejauh ini Timnas Australia belum pernah tampil di Piala AFF. Federasi Sepak Bola Australia (FA) belum pernah mengirimkan tim nasionalnya ke ajang ini.

PSSI Australia hanya mengikuti turnamen Piala AFF tingkat usia, seperti Piala AFF U-16 dan Piala AFF U-19. Pada kelompok umur U-19, Australia meraih predikat tim tersukses dengan 5 trofi juara.

Meski Australia belum pernah mengikuti Piala AFF, namun Australia menjadi satu-satunya negara anggota AFF yang berhasil lolos ke Piala Dunia.

Sejak menjadi anggota AFF pada tahun 2013, Australia tidak pernah gagal mengikuti tiga edisi terakhir Piala Dunia, yakni Brasil 2014, Rusia 2018, dan Qatar 2022.

Australia selalu berhasil lolos ke Piala Dunia melalui jalur Kualifikasi Piala Dunia. Pada tahun 2014, mereka lolos ke Brasil setelah finis kedua di Grup B babak keempat Kualifikasi Piala Dunia AFC 2014.

Pada edisi 2018, Australia lolos ke Piala Dunia di Rusia setelah menang 3-1 atas Honduras di babak play-off Kualifikasi Piala Dunia 2018.