Asisten Shin Tae-yong Akui Timnas Indonesia Tampil Memble Lawan Irak dan Filipina – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Asisten Shin Tae-yong, Nova Arianto, mengakui performa Timnas Indonesia loyo di dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Ia pun menyadari hasil tersebut sangat mengecewakan bagi pecinta sepak bola tanah air.

Timnas Indonesia harus mengakui kekuatan Irak pada laga pertama Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pada laga yang berlangsung di Basra, skuad Garuda kalah 1-5 pada 16 November.

Kemudian saat bertemu Filipina, Timnas Indonesia kembali mengalami hasil mengecewakan. Mereka difavoritkan membawa pulang tiga poin, namun kenyataannya mereka bermain imbang 1-1.

Bahkan, Timnas Indonesia harus kalah 0-1 dari Filipina. Beruntungnya, Saddil Ramdani mampu menyelamatkan tim Merah Putih dari kekalahan.

Dua pertandingan bukan hal mudah bagi timnas dan hasilnya pasti jauh dari ekspektasi. Mungkin di luar ekspektasi kami, kata Nova Arianto, dikutip dari Instagram miliknya, Kamis (23/11/2023).

“Kami memahami banyak pemain yang tampil di bawah performa terbaiknya, namun dalam sepak bola banyak faktor yang menilai performa pemain dan hasil pertandingan. Namun, apapun itu, jangan dijadikan alasan untuk membenarkan hasil. diterima,” lanjutnya.

Nova melanjutkan, timnas Indonesia harus segera pulih. Apalagi tantangan yang akan dihadapi skuad Garuda semakin berat.

Timnas Indonesia akan berlaga di Piala Asia 2023 yang akan dimulai Januari mendatang. Merah Putih tergabung di Grup D bersama Jepang, Vietnam, dan Irak.

“Kedepannya kita semua harus bekerja lebih keras dan para pemain harus lebih percaya diri menghadapi pertandingan mendatang dengan lawan yang memiliki peringkat FIFA lebih tinggi dan para pemain harus lebih berkorban untuk tim,” jelasnya.

Selain itu, Nova mengingatkan kepada pecinta sepak bola Indonesia untuk tidak menghina pemainnya. Menurutnya, hal tersebut bisa mempengaruhi mentalitas bersaing para pemain.

“Tidak perlu menghina pemain, namun lebih baik memberikan masukan positif agar pemain bisa belajar dan terus berkembang ke depannya,” harap Nova.

Selamat datang kembali di klub semuanya pemain dan sampai jumpa lagi di Training Camp berikutnya, pungkas mantan pemain Persib Bandung itu.

Rencananya Timnas Indonesia akan menggelar pemusatan latihan (TC) di Türkiye. Pemusatan latihan itu untuk persiapan Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia juga bisa menyambut pemain baru yang dinaturalisasi setelah prosesnya selesai. Mereka adalah Justin Hubner, Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe-A-On.

Justin Hubner mengabarkan, prosesnya hanya tinggal menunggu Keputusan Presiden hingga pengambilan sumpah. Masih tertinggal jauh adalah Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe-A-On.