Asas ‘Bola Itu Bundar’, Shin Tae-yong Pede Bawa Timnas Indonesia Melaju Jauh di Piala Asia 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong optimistis anak asuhnya mampu bersuara di ajang besar Piala Asia 2023. Shin Tae-yong yakin skuad Garuda tak sekadar menjadi tim yang menyemangati Asia. festival sepak bola terbesar yang akan diadakan di Qatar mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Tergabung di grup sulit, Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam, Shin Tae-yong mengaku akan berusaha maksimal dengan pemain yang dibawanya.

Bahkan, mantan pelatih timnas Korea Selatan ini cukup percaya diri mampu mengantarkan skuad Garuda ke babak 16 besar.

Enam juara grup dan enam runner-up grup akan melaju ke fase gugur Piala Asia 2023, ditambah empat tim peringkat ketiga terbaik.

Namun menariknya, yang menjadi landasan keyakinan terbesar Shin Tae-yong yang bisa mengantarkan Timnas Indonesia melangkah jauh di Piala Asia adalah prinsip ‘bola itu bulat’. Ya, dalam sepak bola, apapun bisa terjadi.

“Kami mempersiapkan diri secara serius (menyongsong Piala Asia 2023) dan targetnya masuk 16 besar, lolos dari fase grup,” kata Shin Tae-yong seperti dilansir situs PSSI, Kamis (21/12).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (ANTARA/HO-PSSI)

“Untuk itu, saya dan seluruh pemain akan berusaha semaksimal mungkin dan berjuang sekuat tenaga,” janji juru taktik berusia 53 tahun itu.

Peringkat FIFA Indonesia memang paling rendah (di antara tiga tim lain di Grup D Piala Asia 2023), tapi di sepak bola apapun bisa terjadi, kata Shin Tae-yong.

“Kami juga mohon doa dan dukungan seluruh suporter, suporter, dan masyarakat Indonesia agar kita bisa meraih hasil terbaik di Piala Asia 2023,” ujarnya.

Oleh karena itu, Shin Tae-yong akan memanfaatkan training camp (TC) alias pemusatan latihan skuad Garuda di Turki mulai 20 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024 untuk membentuk tim terbaik.

TC ini diikuti oleh 28 pemain yang mana dua pemainnya akan tersingkir untuk membentuk skuad terakhir Timnas Indonesia untuk Piala Asia Qatar yang berisi 26 pemain.

Pada TC di Turki, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan dijadwalkan bertanding melawan Libya di Antalya pada 2 dan 5 Januari 2024.

Setelah itu, Timnas Indonesia akan segera berangkat ke Qatar dan menjalani tes terakhir melawan Iran pada 9 Januari 2024.

Kemudian, skuad Garuda akan melakoni laga pertama Grup D Piala Asia 2023 melawan Irak pada 15 Januari 2024 di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar.