Apakah Nico Williams memiliki klausul pelepasan?

by

Nico Williams pasti akan muncul sebagai protagonis dalam rumor transfer setelah membintangi juara Euro 2024 Spanyol di Jerman.

Turnamen luar biasa Williams ditutup dengan gol pembuka di final di tengah penampilan gemilang lainnya. Pemain berusia 22 tahun itu berhadapan langsung dengan Kyle Walker di Berlin, dengan keduanya berduel sebagai wide receiver dan cornerback elit di sisi kiri. Pemain sayap muda itu tidak banyak melakukan perubahan dari pemain Inggris itu di babak pertama, tetapi ia memanfaatkan posisi Walker yang salah untuk mencetak gol pembuka yang diambil dengan baik tepat setelah turun minum.

Williams mendapat tempat awal di tim Luis de la Fuente setelah musim yang produktif di Basque Country bersama Athletic Club, saat ia mencatatkan 19 kontribusi gol dalam 31 pertandingan La Liga.

Ketertarikan terhadap pemain Spanyol itu sudah tinggi sebelum Euro 2024 berlangsung, jadi penampilannya di Jerman musim panas ini akan meyakinkan banyak orang bahwa Williams mungkin akan menjadi pemain yang bersinar di sayap kiri selama dekade berikutnya.

Namun, mendapatkan jasanya musim panas ini tidak akan mudah.

Nico Williams

Williams menikmati musim 2023/24 yang luar biasa bersama Athletic Club / Juan Manuel Serrano Arce/GettyImages

Williams menandatangani perpanjangan kontrak dengan Athletic Club pada akhir tahun 2023 – berlangsung hingga tahun 2027 – yang juga mencakup klausul pelepasan senilai €58 juta (£49 juta).

Banyak yang menganggap ini sebagai biaya murah mengingat sifat pasar saat ini dan potensi Williams, tetapi belum ada klub yang berminat. Gaji mungkin menjadi kendala bagi beberapa pelamar.

Mengingat Athletic Club hanya mengalokasikan sedikit sumber daya untuk bursa transfer, mereka membayar para pemainnya dengan baik. Pemain berusia 22 tahun itu, menurut Kapitologimemperoleh gaji pokok sekitar £8,8 juta (£169.000 per minggu). Jika Williams meninggalkan Athletic musim panas ini, ia kemungkinan akan meminta gaji yang melebihi kontraknya saat ini.

Nico Williams, Lamine Yamal

Barcelona berharap bisa memasangkan Lamine Yamal dengan Williams di sisi sayap / Richard Pelham/GettyImages

Seharusnya ada daftar panjang klub siap untuk mengaktifkan klausul pelepasan Williams dan tentu saja ada minat dari Liga Premier. Tottenham Hotspur dan Liverpool sama-sama dikaitkan secara renggang, sementara Arsenal menganggap pemain berusia 22 tahun itu sebagai pilihan tetapi bukan prioritas.

Chelsea enggan mengeluarkan biaya sebesar £49 juta untuk mendatangkan Williams ke Stamford Bridge.

Saat ini, Barcelona adalah favorit utama untuk merekrut pemain Spanyol itu meskipun mereka memiliki masalah keuangan yang sudah terdokumentasi dengan baik. Williams adalah target penyerang prioritas Barca musim panas ini dan presiden La Liga Javier Tebas baru-baru ini mengonfirmasi bahwa klub Catalan semakin dekat untuk mendanai kepindahan tersebut.

Williams sudah memiliki dilaporkan menyetujui persyaratan pribadi bersama Blaugrana, yang berharap dapat menciptakan kembali dinamika Spanyol yang menggetarkan di sayap bersama Williams dan pemain sensasional berusia 17 tahun Lamine Yamal. Yamal-lah yang memberi umpan untuk gol Williams di final Euro 2024 dan keduanya diyakini sebagai sahabat karib di luar lapangan.

BACA LEBIH LANJUT TENTANG JENDELA TRANSFER MUSIM PANAS 2024