Apa yang dimaksud dengan clean sheet dalam sepak bola?

by

Clean sheet dalam sepak bola adalah salah satu cara terbaik dan tersulit untuk membungkam lawan di lapangan dan di lembar skor.

Setiap tim sepak bola mempunyai identitasnya masing-masing saat melangkah ke lapangan. Beberapa tim berkembang dengan baik dalam mempertahankan penguasaan bola dan mendorong ke depan, terus memegang kendali dan menyerang, sementara tim lainnya memilih untuk bertahan dengan kuat dan memanfaatkan serangan balik. Apa pun gaya bermainnya, tujuan akhirnya selalu sama—menang.

Menang melawan lawan terberat di dunia mengharuskan 11 pemain melakukan tugasnya secara efektif selama 90 menit. Pada hari-hari ketika beberapa pemain tidak bisa tampil maksimal, penjaga gawang terbaik di dunia, seperti Ederson dan Thibaut Courtois, harus menjadi jangkar tim mereka dan mencegah tim lain melarikan diri dalam pertandingan.

Ketika semuanya gagal, penyelamatan yang mustahil dapat mengubah momentum dalam pertandingan sepak bola, dan menjaga clean sheet adalah hadiah utama.

Thibaut Courtois

Real Madrid CF v Cadiz CF – LaLiga EA Sports / Denis Doyle/GettyImages

Clean sheet dalam sepak bola adalah ketika sebuah tim tidak kebobolan satu gol pun dalam sebuah pertandingan. Jika penjaga gawang dan pemain bertahan berhasil mencegah tim lain mencetak gol, maka mereka mencatatkan clean sheet.

Menahan lawan tanpa gol adalah cara ideal untuk membantu mengamankan kemenangan. Faktanya, lima pemenang terakhir Liga Champions mencatatkan clean sheet di final. Manchester City, Real Madrid, Chelsea, Bayern Munich, dan Liverpool semuanya meraih gelar paling didambakan di Eropa setelah menahan lawan tanpa mencetak gol.

Dalam pertandingan domestik, tim yang mencatatkan clean sheet dalam suatu pertandingan akan selalu pulang dengan membawa minimal satu poin. Ditambah lagi, kemungkinan meraih ketiga poin jauh lebih tinggi jika lawan gagal mencetak gol.

Namun, dari minggu ke minggu, bahkan tim dan penjaga gawang terbaik di dunia pun kesulitan untuk menjaga clean sheet. Di kompetisi tingkat tertinggi, mencetak gol sering kali terasa tak terhindarkan, terutama dengan kekuatan bintang yang menguasai lima liga sepak bola Eropa.