Ambisi Besar PSSI, Target Naturalisasi Ragnar Oratmangoen Cs Rampung Sebelum Piala Asia 2023! – Berita Hiburan

by

Pahami.id – PSSI punya ambisi besar jelang Piala Asia 2023. Seluruh calon pemain naturalisasi termasuk Ragnar Oratmangoen ditargetkan bisa membela Timnas Indonesia di ajang besar tersebut.

Hal tersebut disampaikan General Manager PSSI, Erick Thohir. Ia menegaskan, pihaknya berupaya merampungkan naturalisasi empat pemain keturunan tersebut sebelum berangkat ke Piala Asia 2023 pada 10 Desember mendatang.

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar. Setelah Tiongkok menarik diri sebagai tuan rumah, acara tersebut dijadwalkan berlangsung pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Batas waktu pendaftaran 10 Desember, jadi Jay Idzes, Justin Hubner, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe A On [diusahakan],” kata Erick Thohir di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kamis (16/11/2023).

“Jika memungkinkan, bisa mendaftar secepatnya, untuk bisa memberdayakan kejuaraan senior dan Asia U-23 di Kejuaraan Asia di Qatar,” tambahnya.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (pssi.org)

Ragnar Oratmangoen menjadi pemain terbaru yang masuk daftar naturalisasi Timnas Indonesia. Sebelumnya, ada tiga nama yang sedang menjalani proses alih kewarganegaraan, yakni Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Justin Hubner.

Khusus Justin Hubner, proses naturalisasi sang pemain hampir selesai. PSSI bersikeras agar Keputusan Presiden (Kepress) keluar pekan ini sehingga sang pemain hanya perlu mengucapkan Sumpah Kewarganegaraan Indonesia.

“Proses [naturalisasi] “Justin Hubner sedang didesak ke Presiden, kalau bisa Presiden akan mengeluarkan surat dalam waktu seminggu,” jelas Erick Thohir.

“Kemudian Nathan dan Jay sudah ada di Kemenkumham, kita tunggu prosesnya. Mudah-mudahan target 10 Desember bisa tercapai. Kita juga berupaya mendorong Ragnar Oratmangoen.”

Kehadiran empat pemain keturunan tersebut akan membuat jumlah pemain naturalisasi Timnas Indonesia semakin beragam. Saat ini, setidaknya ada tujuh pemain garis keturunan yang menjadi pemain tetap tim asuhan Shin Tae-yong.

Mereka adalah Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Marc Klok dan Rafael Struick. Selain itu, ada juga Stefano Lilipaly, Ezra Wallian, dan Ilija Spasojevic yang beberapa kali dipanggil ke timnas Indonesia.

Timnas Indonesia tergabung di Grup D Piala Asia 2023. Mereka satu grup dengan tim kuat Jepang, Irak, dan Vietnam.