Ambil Sumpah Jadi WNI, PSSI Tinggal Tunggu Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Datang ke Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Update proses naturalisasi duo pemain generasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On disampaikan Exco PSSI, Arya Sinulingga. Kedua pemain silsilah tersebut kini tinggal menunggu kedatangannya di Indonesia.

Usai Justin Hubner baru saja menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), beberapa pemain keturunannya kini kembali mengantri untuk mengikuti program naturalisasi yang diharapkan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Selain Justin Hubner, Komisi X DPR RI juga mengabulkan permohonan naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Keduanya kini tinggal menunggu pengambilan sumpah menjadi WNI.

Selain itu, ada juga Ragnar Oratmangoen yang bersedia mengubah kewarganegaraannya menjadi WNI. Namun untuk nama final prosesnya akan dimulai pada tahun 2024.

Saat ini kami sedang menunggu waktu kapan Jay Idzes dan Nathan bisa berangkat ke Indonesia, untuk mengambil sumpah, kata Arya Sinulingga dalam keterangan resminya, Senin (11/12).

Arya Sinulingga. [dok. Ist]

“Usai sidang di DPR kemarin, kami ucapkan terima kasih kepada pimpinan DPR, kemudian juga pimpinan Komisi III dan anggotanya, serta pimpinan KPK.

“Kami juga berterima kasih kepada Menteri Sekretaris Negara (Pratikno) dan Presiden Jokowi yang telah mengeluarkan Keputusan Presiden tentang kewarganegaraan Jay dan Nathan.”

“Kita tinggal menunggu Jay dan Nathan berangkat ke Indonesia untuk mengambil sumpah. Setelah itu, KTP dan paspor mereka juga akan diurus, sama seperti Justin Hubner.”

“Justin Hubner juga sudah menyelesaikan semuanya. Kita tunggu surat pimpinan federasinya ke FIFA. Kita juga sudah kirim surat ke FIFA. Jadi ini proses naturalisasinya. Kita berharap Jay dan Nathan bisa segera berangkat ke Indonesia agar prosesnya lebih cepat. ..” ucap Arya,

Jay Idzes lahir di Mierlo, Belanda, pada tanggal 2 Juni 2000. Jay Idzes diketahui memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya yang berasal dari Jakarta.

Itu sebabnya Jay Idzes diperbolehkan naturalisasi untuk kebutuhan Timnas Indonesia. Apalagi Jay Idzes merupakan pemain yang berposisi sebagai bek tengah.

Jay Idzes diketahui pernah menimba ilmu di akademi Mifono, PSV Eindhoven, VVV-Venio, dan FC Eindhoven.

Kemudian Jay Idzes bergabung dengan Go Ahead Eagles pada tahun 2020 dan pada tahun 2023 membela klub Italia, Venezia.

Sedangkan Nathan Tjoe-A-On merupakan pemain yang saat ini membela klub Swansea City di Inggris.

Nathan Tjoe-A-On, pemain keturunan Indonesia yang saat ini bermain untuk Swansea (Swansea.com)
Nathan Tjoe-A-On, pemain keturunan Indonesia yang saat ini bermain untuk Swansea City. (Swansea.com)

Nathan Tjoe-A-On lahir di Rotterdam, Belanda, pada tanggal 22 Desember 2001 dan memiliki darah Indonesia dari kakeknya.

Jika melihat rekam jejaknya, Nathan merupakan prospek yang menarik bagi Timnas Indonesia. Pemain berposisi sebagai bek kiri.