Alasan Thomas Doll Angkat Topi untuk Wasit Jepang, Bukan karena Hadiahi Persija Penalti – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, memuji kinerja wasit asal Jepang, Futoshi Nakamura. Ia menilai wasit mampu memimpin pertandingan dengan baik terlepas dari keputusannya memberikan penalti kepada Macan Kemayoran.

Futoshi Nakamura menjadi wasit pada laga Persija kontra PSS Sleman di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Sabtu (16/12/2023) sore WIB.

Keputusannya memberikan penalti menit akhir kepada tim tuan rumah membuat Persija Jakarta bisa menang 1-0 di mana Ondrej Kudela berhasil mencetak gol pada menit ke-90+4.

Thomas Doll menyebut Futoshi Nakamura memimpin laga Persija kontra PSS Sleman dengan baik. Pujian yang diberikannya murni karena kualitas, bukan penalti.

“Saya berbicara dengan wasit usai pertandingan, tapi bukan karena dia memberikan penalti. Saya pikir itu penampilan yang sangat bagus,” kata Thomas Doll dalam konferensi pers pascalaga.

Pesepakbola Persija Jakarta Resky Fandi (kiri) berebut bola dengan pesepakbola PSS Sleman K Hamisi (tengah) pada laga Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (16/12/2023). Skor 1-0 untuk kemenangan Persija Jakarta. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/rwa.

Sebagai informasi, Persija meraih kemenangan lewat gol Ondrej Kudela lewat tendangan penalti di menit akhir pertandingan. Itu setelah Marko Simic dianggap dilanggar pemain PSS Sleman di kotak penalti.

Thomas Doll mengatakan wasit Futoshi Nakamura sudah mengambil keputusan tegas. Petugas formasi asal Jerman itu merasa wasit asal Indonesia harus banyak belajar dari Futoshi Nakamura.

“Saya juga lihat saat dia memimpin pertandingan saat Persib Bandung melawan Persik Kediri. Dia sangat profesional, maksud saya dia selalu mengontrol permainan,” tegas Thomas Doll.

“Anda tahu ketika seseorang mencoba melakukan kesalahan dan itu seharusnya bukan sebuah kesalahan, dia bisa merasakannya. Itu juga terjadi di sisi lain.”

“Semua orang bisa belajar dari ini, dari wasit internasional asal Jepang,” jelas Thomas Doll.

Lebih dari itu, Futoshi Nakamura mampu membuat pertandingan menjadi sangat lancar. Pendekatan terhadap pemain juga sangat bagus.

“Wasit Indonesia atau semacamnya tidak ada yang salah. Namun, dia juga berkomunikasi dengan pemain. Juga dengan bahasa tubuhnya, dia selalu tenang,” jelasnya.

“Dia selalu tampil maksimal sehingga para pemain sangat menghormatinya. Senang melihatnya. Dia bisa memimpin pertandingan lagi tentunya,” tutupnya.