Alasan PSSI Kembali Pilih Shin Tae-yong Pimpin Timnas U-23, Tak Percaya Indra Sjafri? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – PSSI memutuskan kembali menunjuk Shin Tae-yong untuk menukangi Timnas U-23 Indonesia, khususnya di Piala AFF U-23 dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Padahal, tugas ini sebelumnya diserahkan kepada Indra Sjafri .

Kepastian Shin Tae-yong kembali melatih timnas U-23 Indonesia diumumkan langsung oleh Ketua PSSI, Erick Thohir, Rabu (5/7/2023) sore WIB.

“Piala AFF U-23, Kualifikasi Piala Asia U-23, dan Timnas Senior Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong,” kata Erick Thohir di Jakarta.

Erick Thohir (dok. PSSI)

Lalu apa alasan PSSI mengoreksi keputusannya menyerahkan tanggung jawab penuh kepada Indra Sjafri untuk Timnas Indonesia U-23?

PSSI sebelumnya memutuskan Shin Tae-yong akan fokus mengurus Timnas Indonesia di level senior menyusul hasil bagus yang diraih Indra Sjafri saat membimbing Tim U-23 di SEA Games 2023.

Indra Sjafri yang memanfaatkan beberapa pemain asuhan Shin Tae-yong berhasil mengantarkan tim Merah Putih meraih medali emas SEA Games 2023 sekaligus mengakhiri dahaga merebut gelar dari ajang tersebut sejak tahun 1991.

Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafrie (pssi.org)
Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafrie (pssi.org)

Berkat prestasi itu, Indra Sjafri yang notabene Direktur Teknik PSSI pun mendapat posisi tetap sebagai pelatih Timnas U-23 Indonesia.

Kini, keputusan tersebut telah dicabut oleh PSSI. Shin Tae-yong tak hanya fokus memimpin timnas senior, tapi juga timnas U-23, khususnya di Piala AFF U-23 2023 dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

PSSI menilai keputusan itu diambil untuk memudahkan persiapan Timnas U-23 Indonesia menghadapi berbagai ajang.

Pasalnya, banyak anggota Timnas U-23 yang berasal dari tim senior, sehingga Shin Tae-yong akan lebih mudah memilih dan mempersiapkan tim.