Alasan Pratama Arhan Sebut Target Lolos 16 Besar Piala Asia Wajar Bagi Timnas Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Bek sayap Timnas Indonesia Pratama Arhan menilai target PSSI dan pelatih Shin Tae-yong lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 cocok untuk skuad Garuda.

Menurut mantan pemain klub Jepang Tokyo Verdy ini, sangat penting bagi setiap tim atau pemain untuk memiliki target setiap kali mengikuti turnamen penting.

“Itu normal [dengan target lolos ke 16 besar] karena harusnya kita punya target pribadi atau target tim,” kata Pratama Arhan, dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (13/1/2024).

“Karena disitulah kita bisa memaksimalkan kekuatan tim kita untuk meraih hasil terbaik.”

Pratama Arhan merupakan salah satu dari 26 pemain yang dipercaya Shin Tae-yong untuk membela timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Meski dalam dua musim terakhir tak mampu menembus skuad utama Tokyo Verdy dan performanya bisa dihitung dengan jari, namun Arhan tetap menjadi pilar utama skuad Garuda di sektor sayap bek kiri.

Pratama Arhan saat membela Timnas Indonesia. [Dok PSSI]

Dalam tiga laga uji coba jelang Piala Asia 2023, Pratama Arhan juga bermain reguler.

Situasi Shayne Pattynama yang membutuhkan waktu sebelum kembali bergabung ke timnas usai menjenguk ibunya yang sakit di Belanda diperkirakan akan memperbesar peluang Arhan untuk tetap menjadi pemain kunci.

Timnas Indonesia merupakan tim non unggulan di Grup D Piala Asia 2023. Peringkat FIFA mereka sangat rendah dibandingkan tiga lawannya yakni Jepang, Irak, dan Vietnam.

Skuad Garuda saat ini berada di peringkat 146 dunia, berbanding 17 Jepang, 63 Irak, dan 94 Vietnam.

Timnas Indonesia akan memulai perjuangannya di Piala Asia 2023 melawan Irak. Laga ini akan berlangsung di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan pada 15 Januari.

Sedangkan laga kedua Grup D mempertemukan Timnas Indonesia melawan Vietnam pada 19 Januari di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha.

Laga ini dinilai penting bagi kedua wakil ASEAN dalam memperbesar peluang meraih tiket ke babak 16 besar.

Sedangkan pada laga ketiga atau final, Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang yang secara matematis diunggulkan tidak hanya lolos sebagai juara grup D, tapi juga menjadi juara di ajang tersebut.

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.