Alasan AFC Masukan Duel Timnas Indonesia vs Vietnam Sebagai 5 Laga Grup Terbaik Piala Asia 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memasukkan laga timnas Indonesia vs Vietnam ke dalam daftar lima laga terbaik penyisihan grup Piala Asia 2023. Mengapa?

Piala Asia 2023 akan segera dilancarkan di Qatar mulai Jumat (12/1/2024) dimana tuan rumah akan menghadapi Lebanon pada laga pertama Grup A di Stadion Lussail, pukul 23.00 WIB.

Jelang dimulainya turnamen sepak bola terbesar antar negara Benua Kuning ini, AFC memilih lima pertandingan yang dianggap sebagai laga terbaik fase grup.

Daftar pertandingan yang berpotensi memberikan kualitas terbaik pun mereka umumkan melalui artikel di situs resminya.

Menariknya, laga Timnas Indonesia vs Vietnam yang akan dilangsungkan pada matchday kedua Grup D pada 19 Januari mendatang merupakan satu dari lima laga yang masuk dalam daftar tersebut.

AFC menjelaskan, laga Timnas Indonesia vs Vietnam akan sangat menarik karena akan mengukir sejarah karena pertama kali kedua negara bertemu di Piala Asia.

Para pemain tim nasional Vietnam berfoto sebelum kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Filipina dan Vietnam di Manila pada 16 November 2023. Ted ALJIBE / AFP

Yang membuat pertandingan 19 Januari ini semakin istimewa adalah fakta bahwa ini adalah pertama kalinya dalam 52 tahun kedua tim Asia Tenggara ini bertemu di Piala Asia AFC, kata AFC seperti dikutip. Pahami.idJumat (12/1/2024).

Di kawasan Asia Tenggara, timnas Indonesia dan Vietnam merupakan musuh bebuyutan dimana dalam beberapa tahun terakhir, The Golden Star Warriors mampu mengatasi skuad Garuda.

“Timnas Indonesia dan Vietnam adalah dua tim yang tidak perlu diperkenalkan satu sama lain. Duo ini sudah bertahun-tahun saling berhadapan di Asia Tenggara,” tulis AFC.

“[Pertemuan kedua negara] memberi kami beberapa pertandingan paling berkesan di Piala AFF dengan yang terbaru adalah semifinal edisi 2022 ketika Vietnam menang agregat 2-0.”

AFC menilai laga Timnas Indonesia vs Vietnam di matchday kedua Grup D akan sangat penting dalam mempengaruhi peluang kedua tim lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Pasalnya timnas Indonesia dan Vietnam tergabung dalam Grup D yang dihuni raksasa Asia. Dua negara lain yang akan mereka hadapi adalah juara empat kali Piala Asia, Jepang, dan juara edisi 2007, Irak.