Akhir Polemik Pemanggilan Pemain Persija dan PSM Makassar ke Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong dan Sumardji Kecewa? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, pasrah menerima kenyataan Persija Jakarta dan PSM Makassar tidak bersedia melepas pemainnya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-23, seperti halnya Shin Tae-yong.

Seperti diketahui, Pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong telah memanggil 23 pemain untuk persiapan menghadapi Piala AFF U-23 2023.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memimpin latihan timnya jelang Piala AFF U-23 2023 di Padang A, Senayan, Jakarta. (Dok.PSSI).

Namun, proses pemanggilan tidak berjalan mulus.

Dua pemain, Rizky Ridho (dari Persija Jakarta) dan Dzaky Asraf (dari PSM Makassar), tidak diizinkan oleh klubnya untuk berpartisipasi.

Kedua pelatih tim sepakat pemainnya tidak bisa dilepas karena Piala AFF tidak masuk dalam jadwal resmi FIFA.

Situasi menjadi rumit dengan kompetisi BRI League 1 yang sedang berlangsung dan dua pemain muda ini menjadi bagian penting dari skuat tim mereka.

Alhasil, Persija dan PSM sepakat untuk tidak mengizinkan pemain tersebut mengikuti TC (Training Camp) skuat Garuda Muda.

Dalam konteks ini, posisi Ridho akan digantikan oleh M Kanu dari Persis Solo.

Sedangkan Haykal Alhafiz dari PSIS Semarang akan menggantikan peran Dzaky Asraf.

Meski situasi ini sudah teratasi, Ketua BTN Sumardji mengungkapkan kekecewaannya.

Ketua Tim Nasional (BTN), Sumardji saat ditemui di Lapangan A Senayan, Jakarta, Kamis (10/8/2023). [Pahami.id/Adie Prasetyo Nugraha]
Ketua Tim Nasional (BTN), Sumardji saat ditemui di Lapangan A Senayan, Jakarta, Kamis (10/8/2023). [Pahami.id/Adie Prasetyo Nugraha]

Ia kecewa pemain yang sangat dibutuhkan timnas U-23 Indonesia itu tidak bisa mengikuti pemusatan latihan.

“Dalam kapasitas saya sebagai pimpinan BTN, tentu saya sangat kecewa,” kata Sumardji.

Setelah mendapat kritikan pedas dari pelatih Persija Thomas Doll terkait pemilihan pemain, Sumardji memutuskan menyerahkan keputusan kepada pelatih.

Dia menyatakan tugas utamanya adalah memanggil pemain sesuai kebutuhan timnas.

Terkait keputusan klub, hal tersebut menjadi tanggung jawab pelatih sepenuhnya.

“Tapi saya mengembalikan semuanya kepada pelatih dari tim masing-masing karena mereka adalah orang-orang hebat di sepak bola.”

“Selalu mengatakan bahwa saya sebagai ketua BTN tidak tahu aturan dan tidak mengerti sepak bola, tidak apa-apa,” ujarnya.

Bagaimana kronologisnya?

Piala AFF U-23 2023 yang diikuti Timnas U-23 Indonesia akan segera digelar di Thailand. Tanggal sebenarnya adalah 17 hingga 26 Agustus 2023.

Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong menginginkan beberapa pemain mengikuti latihan terpusat atau TC Timnas jelang Piala AFF U-23.

Salah satu pemain bernama Shin Tae-yong adalah bek Persija Jakarta Rizky Ridho dan pemain PSM Makassar Dzaky Asraf.

Manajemen Persija Jakarta dan PSM menolak pemain utamanya, yang membuat marah Sumardji.

“Untuk pemain tidak masalah, dia malah mau datang,” kata Sumardji.

“Tidak mungkin pemain muda kita kurang patriotik, semua ingin datang, tapi terikat kontrak, jadi mohon maaf saya harus menyampaikan faktanya,” kata Sumardji saat ditemui di Padang A GBK, Senayan, Jakarta, Kamis. 10 Agustus 2023.

Kontributor: Imadudin Robani Adam