Afghanistan dan Suriah Mundur dari Asian Games, Pengaruh ke Timnas Indonesia U-24? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Kabar mengejutkan datang dari cabang olahraga sepak bola Asian Games 2022 yang juga akan diikuti oleh Timnas U-24 Indonesia. Kedua tim peserta, Afghanistan dan Suriah, resmi mundur hanya sehari sebelum pertandingan sepak bola tersebut dimulai.

Seperti dilansir ASEAN Football, Senin (18/9/2023), Timnas U-24 Afghanistan dan Timnas U-24 Suriah mundur saat sepak bola Asian Games di China akan dimulai pada 19 September 2023.

Menariknya, Suriah dan Afghanistan berasal dari grup yang sama yakni Grup C. Sebab, kedua grup ini hanya tersisa Uzbekistan dan Hong Kong.

Uzbekistan dan Hong Kong akan saling bertemu dalam dua pertandingan untuk menentukan juara grup untuk lolos ke babak 16 besar.

Sesuai aturan yang ada, jika ada dua tim yang mundur, maka tim yang tersisa akan bertemu dua kali.

Namun yang membingungkan adalah, bagaimana dengan tim yang kalah? Sejauh ini belum ada informasi jelas mengenai aturan lengkap sepak bola Asian Games terkait kasus tersebut.

Dalam aturan penyisihan, tim peringkat kedua juga lolos ke babak 16 besar Asian Games 2023. Artinya, salah satunya bisa saja asal Uzbekistan atau Hong Kong, meski sudah dua kali kalah di Grup C, namun tetap lolos ke babak terakhir. 16.

Sementara Timnas U-24 Indonesia dan negara lainnya harus bertanding maksimal tiga pertandingan (kecuali Grup D yang diisi tiga tim) di fase grup untuk finis di posisi dua teratas agar lolos ke babak 16 besar. Asian Games 2023.

Lantas bagaimana dengan tim-tim yang lolos dari peringkat ketiga terbaik? Semula, sebelum Suriah dan Afghanistan mundur, empat dari enam tim peringkat ketiga terbaik akan lolos ke babak 16 besar Asian Games 2023.

Kini setelah Afghanistan dan Suriah mundur, empat dari lima tim peringkat teratas akan lolos ke babak 16 besar.

Kemudian, hanya lima tim yang finis di peringkat ketiga fase grup. Pasalnya, Grup C hanya berisi dua negara sehingga tidak ada tiga besar.