7 Pemain Asing yang Jadi Mualaf di Indonesia, Terbaru Christian Rontini – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Sepakbola Indonesia tak hanya menjadi ladang pemain asing mencari rezeki dan peluang, tak sedikit pula yang akhirnya menemukan arah baru dengan memeluk Islam atau masuk Islam.

Terbaru, pemain asing Persita Tangerang asal Filipina, Christian Rontini, menjadi pemain asing di Liga 1 yang memutuskan masuk Islam.

Mantan pemain Kelantan FC itu mengabadikan momen sakral tersebut dalam unggahan Instagram pribadinya. Rontini pun menuliskan secara detail dua syahadat dalam unggahannya.

“Ash-hadu an la ilaha illa Allah, Wa asy-hadu anna Muhammadan Rasulu-Allah. Semoga Tuhan memberiku kekuatan dan keberkahan untuk awal baruku,” tulis akun Rontini di Instagram pribadinya, @christian_rontini18.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang datang dan berbagi hari indah ini dengan saya. Aku akan selalu berdoa dan mendoakan yang terbaik untuk kalian semua. Bismillah-ir-Rahman-ir-Rahim AMEEN,” imbuhnya.

Sebelum Kristian Rontini, ada beberapa pemain asing yang masuk Islam di Indonesia.

1.Abanda Herman

Abanda Herman saat memperkuat Arema. [Instagram/@abanda_herman33]

Pemain asal Kamerun ini memutuskan masuk Islam pada April 2013 saat berseragam Persib Bandung. Dua syahadat itu ia ucapkan disaksikan manajemen dan tim pelatih Maung Bandung.

2.Marcio Souza

Pemain asal Brasil ini mengucapkan dua kalimat syahadat yang menandai masuk Islam pada tahun 2010 saat mendukung Semen Padang. Ia mengucapkan syahadat di Masjid Nurul Iman Kota PAdang.

3.Danilo Fernando

Mantan legenda Persebaya dan Persik Kediri, Danilo Fernando masuk Islam pada 24 Januari 2008. Faktor istri sangat mempengaruhi perpindahan Danilo.

Setelah memeluk Islam, Danilo kemudian menikah dengan istrinya saat ini, Windy Fitria Marzuki. Ketika dia pindah agama, namanya menjadi Muhammad Danilo Fernando.

4.Diego Michaels

Arsipkan foto.  Pemain Arema FC Diego Michiels (kanan) saat latihan pertamanya bersama tim bernama Singo Edan.  ANTARA/HO-Arema FC
Arsipkan foto. Pemain Arema FC Diego Michiels (kanan) saat latihan pertamanya bersama tim bernama Singo Edan. ANTARA/HO-Arema FC

Pemain naturalisasi asal Belanda ini resmi memeluk Islam pada Februari 2013. Kini namanya Diego Muhammad bin Robbie Michiels.

5. Esteban Vizcarra

Pemain Persib Bandung, Esteban Vizcarra, pun memutuskan masuk Islam setelah bermain sepak bola di Indonesia.

Keputusan ini diambil tepatnya saat Vizcarra masih menjadi pemain Smeen Padang pada tahun 2012.

Usai memeluk Islam, pemain kelahiran Argentina ini pun mendapat status Warga Negara Indonesia (WNI) pada 2018.

6. Cristian Gonzales

Pemain Arema Cronus, Christian Gonzales (tengah), membawa bola melewati pemain Persela Lamongan, di Stadion Surajaya, Lamongan. [Antara/Syaiful Arif]
Pemain Arema Cronus, Christian Gonzales (tengah), membawa bola melewati pemain Persela Lamongan, di Stadion Surajaya, Lamongan. [Antara/Syaiful Arif]

Salah satu pemain asing paling fenomenal yang kemudian memutuskan menjadi WNI adalah Cristian Gonzales.

Pemain asal Uruguay ini menjadi salah satu striker paling tajam di Indonesia. El Loco, begitu ia disapa, tak pernah melewatkan persaingan perebutan gelar top skorer.

Selain itu, Gonzales juga memutuskan masuk Islam setelah menikah dengan wanita Indonesia bernama Eva Nurida Siregar.

Kontributor: Aditia Rizki