6 Mantan Pemain Timnas Indonesia yang Nyaleg di Pemilu Legislatif 2024, Ada Pelatih Aktif BRI Liga 1! – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pemilihan Umum Anggota DPR tahun 2024 akan diwarnai dengan deretan mantan pemain nasional Indonesia yang memutuskan untuk mengikuti perebutan calon legislatif.

Nama-nama pemain yang pernah bermain untuk Timnas Indonesia dipastikan akan menjadi daya tarik tersendiri di kalangan pemilih. Sebab, mereka sempat memperkuat skuad Garuda di level internasional.

Keputusan seperti ini sebenarnya terbilang unik. Pasalnya, setelah meninggalkan dunia sepak bola, mantan pemain nasional Indonesia ini justru beralih ke kancah politik.

Berikut Pahami.id sajikan daftar mantan pemain Timnas Indonesia yang mengikuti persaingan calon legislatif pada pemilu 2024.

1. Atep

Mantan pemain Persib Bandung, Atep Rizal sempat sempat muncul saat namanya muncul sebagai bakal calon anggota DPRD dari Partai Amanat Nasional (PAN) daerah pemilihan Jawa Barat IV.

Sebagai informasi, Atep pernah menjadi salah satu pemain yang dipanggil Timnas Indonesia. Striker yang akrab disapa Lord Atep itu memperkuat skuad Garuda pada medio 2006-2007.

2. Biodata Pauline

Selain Atep, nama yang bikin heboh adalah Bio Paulin. Pasalnya, pemain yang pernah bermain untuk Persipura Jayapura ini baru menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada tahun 2015.

Setelah memutuskan mengikuti proses naturalisasi dan sempat memberdayakan skuad Garuda, Bio Paulin kini mendaftarkan namanya sebagai calon legislatif DPRD Kota Jayapura dari Partai Gerindra.

3. Seto Nurdiyantoro

Lebih lanjut, legenda sepak bola Daerah Istimewa Yogyakarta, Seto Nurdiyantoro pun memilih melanjutkan pengabdiannya dengan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

Pria yang menjadi pilar utama Timnas Indonesia pada medio 1999-2001 ini mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI daerah pemilihan DIY dari Partai Nasional Demokrat alias Nasdem.

4. Tandai Horison

Masyarakat peminat sepak bola Indonesia tentu tidak melupakan sosok Markus Horison yang pernah menjadi penjaga gawang utama Timnas Indonesia di Piala AFF 2010. Ia juga merupakan asisten Bima Sakti dalam menangani Timnas U-16.

Kini, pria yang akrab dengan kepala plontos itu memutuskan mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRD Kota Bandung Daerah VI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan alias PDIP.

5. Rahman Darmawan

Berbeda dari nama sebelumnya, Rahmad Darmawan yang kini menjadi pelatih aktif Barito Putera di kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 pun memutuskan merambah dunia politik.

Mantan pemain sekaligus pelatih timnas Indonesia ini mencalonkan diri sebagai calon DPR RI dari daerah pemilihan Lampung II yang didukung Partai Demokrat.

6. Nil Maizar

Kisah menarik juga datang dari mantan pemain sekaligus pelatih timnas Indonesia, Nil Maizar. Setelah sebelumnya kalah pada pemilu 2014 dan 2019, ia kembali mencalonkan diri pada pemilu 2024.

Mantan pelatih Semen Padang ini dicalonkan Partai Nasdem untuk mengikuti pemilihan anggota DPR RI dari daerah pemilihan Sumbar I.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie