5 Pemain Asia yang Diprediksi Bersinar di Piala Dunia U-17 2023, Nomor Satu dari Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Piala Dunia U-17 atau FIFA U-17 World Cup selalu menampilkan pemain-pemain muda penuh talenta yang menghadirkan kemampuan memukau mata jutaan penonton dari seluruh dunia.

Dari Piala Dunia U-17 edisi sebelumnya, ada beberapa pemain muda yang kini berkiprah di pentas terbesar sepakbola dunia. Di antaranya Toni Kroos, Neymar Jr, Phil Foden, Marc Andre Ter-Stegen, Victor Osimhen, dan yang terbaru Pedri.

Pemainnas U-20 Indonesia Arkhan Kaka (kiri) bersama Aditya Arya Nugraha (kanan) saat menghadiri “Aksi 1 Juta Pita Hitam Timnas U-20 dan Piala Dunia” di hadapan FX Sudirman, Jumat (31/3 ). /2023). (ANTARA/Zaro Ezza Syachniar)

Tak ketinggalan, kapten tim Tottenham Hotspur, Son Heung-Min, menjadi salah satu nama yang pernah merasakan Piala Dunia U-17 saat membela timnas Korea Selatan.

Dengan banyaknya pemain bintang, rasanya tidak adil jika kita melupakan para pemain zona Asia yang kini kian marak bermain di kompetisi sepak bola terbaik dunia.

Dilansir ANTARA, berikut lima pemain asal Asia yang diprediksi bakal bersinar di Piala Dunia U-17 2023:

1. Arkhan Kaka – Indonesia

Meski baru pertama kali tampil di Piala Dunia U-17, Indonesia tak kekurangan pemain muda berbakat. Sebut saja dua nama pemain diaspora tim Garuda Muda yakni Welber Jardim yang saat ini bermain untuk Sao Paulo (Brasil) dan Amar Brkic yang merupakan pemain TSG 1899 Hoffenheim (Jerman). Selain kedua nama tersebut, tentunya ada juga striker yang haus akan gol Arkhan Kaka.

Striker Solo Persis merupakan striker dengan kemampuan fox-in-the-box dan hadir dengan atribut finishing yang sangat baik.

Pemain asal Blitar itu membuktikan kegigihannya sepanjang Kualifikasi Piala Asia U-17 dengan mencetak tujuh gol. Pencapaian tersebut membuatnya menjadi top skorer bersama pemain timnas U-17 Australia Nestory Irankunda dan pemain timnas U-17 China Wang Yudong.

Selama berseragam Timnas U-17 Indonesia, penyerang PSBK Blitar itu mencatatkan sembilan penampilan dan mencetak sembilan gol.

Arkhan yang masih berusia 16 tahun juga sudah bergabung dengan skuad Timnas U-20 Indonesia dengan tampil sebanyak dua kali.

Arkhan tercatat sebagai pemain termuda yang tampil di ajang BRI Liga 1 saat menjalani debut bersama Persis Solo pada usia 15 tahun 7 bulan 2 hari pada Agustus lalu.Pemain dengan tinggi badan 1,88 meter itu dipastikan akan menjadi pemain kunci bagi Tim Bima Sakti meraih kesuksesan tinta emas pada keikutsertaan pertama Garuda Muda di Piala Dunia U-17.

2. Ryunosuke Sato – Jepang

Tim Samurai Biru kemungkinan besar tidak akan kehabisan gelandang serang dalam beberapa tahun ke depan. Setelah di tim senior masih ada Takefusa Kubo yang tampil begitu impresif bersama klubnya Real Sociedad dan timnas Jepang, lalu muncul opsi baru di timnas U-17 Jepang, Ryunosuke Sato.

Ryunosuke Sato merupakan pemain yang sangat mirip dengan Kubo. Selain memiliki skill dan visi di atas rata-rata, Sato juga merupakan seorang gelandang serba bisa.

Tercatat di Piala Asia U-17, Sato yang menjadi mesin serangan Jepang bisa berposisi sebagai gelandang serang, gelandang sayap kiri, maupun kanan.

Di ajang ini, Sato juga mencatatkan dua gol dan tiga assist sekaligus memberikan gelar juara bagi Jepang.

Selain itu, Sato kini juga tercatat sebagai pemain termuda yang melakukan debut untuk klubnya FC Tokyo, pada usia 16 tahun.

3. Yun Do-young – Korea Selatan

Yun Do-young yang berposisi sebagai pemain sayap kanan memiliki kemampuan dribbling dan kaki kiri di atas rata-rata. FIFA bahkan menyebut kemampuan pemotongan Yun Doyong mirip dengan legenda timnas Belanda, Arjen Robben.

Dengan sistem formasi 4-1-4-1 ala pelatih Byun Sunghwan, Yun Do-young akan menjadi pemain utama dengan daya roaming tinggi di sektor senior Timnas U-17 Korea Selatan.

Yun Do-young sejauh ini sudah menyumbangkan sembilan gol dan satu assist dari 14 penampilannya bersama “Taeguk Squad”.

Pemain dengan tinggi 1,72 meter ini juga memiliki visi permainan yang menarik perhatian legenda timnas Jerman dan mantan pelatih timnas Amerika Serikat, Jurgen Klinsmann.

Saat ini Yun Do-young memperkuat Citizens U-18 Daejeon Hana dengan tiga penampilan dan satu gol di Kejuaraan Liga U-18.

4. Lazizbek Mirzaev – Uzbekistan

Produk akademi Lokomotiv Tashkent itu menjadi jenderal lini tengah Uzbekistan sejak Piala Asia U-17. Mirzaev mampu membawa Uzbekistan ke babak semifinal di ajang tersebut.

Meski berposisi sebagai gelandang serang, Mirzaev bisa menempati beberapa posisi, termasuk gelandang atau sayap kanan.

Selama berseragam timnas U-17 Uzbekistan, Mirzaev mencatatkan 14 penampilan dengan mencetak dua gol dan empat assist.

Di level klub, gelandang bertinggi badan 1,70m itu juga mulai mendapatkan menit reguler dengan mencatatkan enam penampilan musim ini untuk Lokomotiv Tashkent.

5. Amirmohammad Razzaghinia – Iran

Berposisi sebagai gelandang bertahan, Amirmohammad Razzaghinia punya kemampuan membaca permainan dan memasang tempo jauh di atas rata-rata.

Razzaghinia kerap menjadi andalan timnas U-17 Iran lewat tekel dan intersepsi di lini tengah.

Meski berposisi sebagai gelandang bertahan, Razzaghinia juga kerap menjadi pengecualian di barisan depan Timnas U-17 Iran.

Pemain KIA U-17 itu sudah tampil sebanyak 13 kali dan mencetak tiga gol serta satu assist untuk Timnas Iran U-17.