4 pertarungan kunci yang harus dimenangkan Inggris melawan Belanda

by

Inggris tinggal satu pertandingan lagi untuk mencapai final berturut-turut di Kejuaraan Eropa. Hanya Belanda asuhan Ronald Koeman yang dapat menghalangi mereka.

The Three Lions nyaris tak tampil memukau di Jerman musim panas ini, tetapi kemampuan mereka untuk tampil maksimal di saat-saat penting telah membawa mereka melaju ke empat besar. Tak ada penguasaan taktik, sementara penampilan individu yang menonjol jarang terjadi, tetapi para pemain tampil gemilang di momen-momen penting untuk membawa Inggris menang di kandang sendiri.

Pertandingan melawan Belanda merupakan hal yang langka, dan duel hari Rabu akan menjadi yang pertama di turnamen besar antara dua tim yang selalu gagal berprestasi sejak tahun 1996. Inggris akan berusaha membangkitkan semangat tahun ’96 di Dortmund dan melaju ke final hari Minggu, sementara Oranje asuhan Koeman, yang telah membaik di babak sistem gugur, berharap dapat mencapai final Euro pertama mereka sejak tahun 1988.

Pertandingan ini pasti akan berlangsung seru, tetapi akan ada duel-duel penting di seluruh lapangan. Berikut empat duel yang harus dimenangkan Inggris jika ingin menang di Signal Iduna Park.

Bukayo Saka, Nathan Ake

Nathan Ake sebelumnya menikmati duelnya dengan Bukayo Saka / Danehouse Photography Ltd/GettyImages

Litani dari Liga Primer bintang dalam skuad Koeman dan kemungkinan starting XI berarti kita akan melihat beberapa pertarungan yang familiar di Munich pada hari Rabu.

Mungkin tidak ada duel satu lawan satu yang lebih penting dari ini Bukayo SakaKemungkinan besar akan berhadapan dengan Nathan Ake. Keduanya mewakili dua tim teratas Liga Primer selama dua tahun terakhir, dan keduanya saling berhadapan di saat-saat genting.

Namun, pertarungan paling berkesan antara keduanya justru terjadi pada pertandingan Piala FA di awal tahun 2023. Akibat cedera, Saka dan Ake sama-sama absen dalam duel liga terkini antara City dan Gudang senjatajadi ini bukanlah pertarungan yang sering kita lihat.

Ake mendominasi duel dalam pertandingan piala tersebut, dengan pemain asal Belanda itu mengimbangi Saka secara fisik dan menolak untuk membiarkannya lewat dalam situasi satu lawan satu. Ake adalah bek yang hebat, dan Saka, yang tampil gemilang dalam kemenangan perempat final atas Swiss, harus berada dalam kondisi terbaiknya untuk mengalahkan bek City di sisi kanan Inggris.

Saka juga tidak akan diuntungkan dari koneksi yang dibangun di Arsenal yang memungkinkannya menerobos di belakang bek sayap lawan setelah kombinasi cepat. Jika ia ingin mengalahkan Ake pada hari Rabu, ia harus melakukan sendiri tugas beratnya.

Xavi Simons

Xavi Simons beroperasi di antara garis pertahanan / Robbie Jay Barratt – AMA/GettyImages

Harapan tinggi diberikan kepada Simons sebelum turnamen, dan ada tanda-tanda bahwa playmaker muda ini mulai bersinar setelah babak penyisihan grup yang sepi.

Simons beroperasi sebagai salah satu bek tengah terdepan di lini tengah Koeman – biasanya bergerak cepat di antara garis pertahanan. Ia adalah operator yang cerdik dan bergerak cepat, tetapi ia bisa ragu-ragu di depan gawang.

Pemain muda ini telah mencatat tiga assist di Euro 2024 dan mencatat lebih banyak aksi menciptakan tembakan daripada pemain Belanda mana pun di Jerman (20)Dia adalah kreator utama mereka dan Cody Gakpo mengandalkannya untuk memberikan servis, tetapi dia belum pernah menghadapi lawan yang sangat hebat tanpa penguasaan bola seperti Declan Rice musim panas ini. Konrad Laimer dan N’Golo Kante (di usia senjanya) mendekatinya.

Meskipun Rice dikritik karena kurangnya ambisinya saat menguasai bola, kinerjanya di luar lapangan sangat luar biasa. Ia adalah pelari pemulihan yang luar biasa dan terus meningkatkan posisinya. Dengan Kobbie Mainoo yang bertugas menggiring bola ke depan dan memiliki kelemahan dalam bertahan, Southgate akan sekali lagi mengandalkan Rice untuk menjaga pertahanan di area tengah dan menghentikan Simons yang licik di antara lini.

Rice memiliki sepuluh tekel dan intersepsi gabungan lebih banyak (21) daripada pemain Inggris lainnya di Euro 2024.

Ini bukanlah turnamen yang hebat bagi Kyle Walker, yang telah menjadi salah satu orang kepercayaan Southgate selama hampir seluruh masa jabatannya. Banyak pendukung yang akan senang melihat pemain veteran itu pergi, tetapi Southgate tidak akan menyingkirkan Walker untuk semifinal hari Rabu.

Tidak masalah jika Inggris mengadopsi tiga atau empat bek, Walker akan banyak melihat Cody Gakpo dari Liverpool di Munich.

Gakpo kembali bersinar bagi Belanda di turnamen besar dan saat ini menjadi pemimpin bersama perebutan Sepatu Emas. Ia tampak tenang saat menguasai sisi kiri lapangan, tetapi terbukti menjadi ancaman nyata setelah bergerak ke dalam dan melepaskan tembakan ke gawang.

Walker rentan saat berhadapan satu lawan satu dan bisa terperangkap di tiang belakang – seperti yang dimanfaatkan Swiss pada hari Sabtu. Gakpo telah mengembangkan hubungan yang sangat baik dengan Denzel Dumfries di sisi yang berlawanan, dan gol kedua Belanda dalam kemenangan perempat final mereka atas Turki adalah situasi yang harus diwaspadai Walker.

Kombinasi tiang belakang telah menjadi ciri permainan Oranje musim panas ini, dan sejauh ini mereka telah meraih keberhasilan luar biasa dalam mengisolasi Gakpo dari penandanya.

Inggris telah berjuang untuk mendapatkan sumber peluang yang dapat diandalkan di Jerman, dan belum mencetak gol dari situasi bola mati di turnamen tersebut. Mereka pasti kehilangan Harry Maguire.

Namun, ada peluang bagi Three Lions untuk bergembira dari situasi bola mati melawan Belanda pada hari Rabu. Tim asuhan Koeman kebobolan dengan rasio 6,1 gol per 100 bola mati di Euro 2024 – tingkat terburuk keenam di antara semua tim di turnamen tersebut.

Polandia mencetak gol dari tendangan sudut dalam pada Matchday 1, sementara Turki mencetak gol di tiang belakang dari fase kedua bola mati di babak perempat final.

Bisakah Inggris akhirnya bangkit dari bola mati? Mereka hanya melepaskan tiga tembakan dengan total 1,08 xG sepanjang turnamen.

BACA BERITA, PRATINJAU & RATING PEMAIN EURO 2024 TERBARU