4 Negara Asia Ini Gugur di Fase Grup saat Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Termasuk Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Piala Dunia U-17 menghadirkan sederet fakta menarik, kali ini terkait daftar tuan rumah yang harus tersingkir di babak penyisihan grup termasuk Timnas U-17 Indonesia.

Kini Piala Dunia U-17 2023 sudah memasuki babak semifinal, empat tim tersisa bakal memperebutkan dua tiket ke laga puncak kompetisi tersebut.

Timnas Jerman U-17, Timnas Prancis U-17, Timnas Mali U-17, dan Timnas Argentina U-17 akan saling beradu di lapangan demi memperebutkan tiket ke final.

Piala Dunia U-17 2023 telah digelar di Indonesia sejak 10 November, sayang keikutsertaan tuan rumah terhenti cukup awal saat kompetisi dimulai.

Skuad asuhan Bima Sakti terhenti di babak penyisihan grup setelah hanya mengoleksi dua poin dari dua kali imbang dan satu kali kalah.

Terkait wakil Asia yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17, sebenarnya hal tersebut bukan kali pertama terjadi alias bukan hanya Indonesia saja.

Namun, ada beberapa negara Asia lainnya yang melakukan hal serupa dan bernasib sama seperti Indonesia, berakhir sebelum waktunya.

Lantas negara mana yang mengalami kejadian tersebut? Berikut daftar negara Asia yang tersingkir di awal Piala Dunia U-17.

1. Korea Selatan

Korea Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 pada tahun 2007, tergabung di Grup A bersama Peru, Kosta Rika, dan Togo.

Sayangnya kiprah Laskar Taeguk muda terhenti di babak penyisihan grup setelah finis di peringkat ketiga dengan tiga poin.

Hasilnya menang 2-0 atas Togo, namun kalah dari Kosta Rika 0-2 dan Peru 0-1.

2. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 pada tahun 2013, namun mengalami hasil buruk di babak penyisihan grup, dan gagal total.

Uni Emirat Arab diincar tim lain, kalah 1-2 dari Honduras, dibantai Brasil 1-6, dan kalah 0-2 dari Slovakia.

Tersingkir dari Piala Dunia U-17 2013 tanpa poin sebagai tuan rumah kompetisi tentu menjadi sebuah hal yang memalukan.

3. India

India bernasib sama seperti Uni Emirat Arab saat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 pada 2017.

India mengalami tiga kekalahan di babak penyisihan grup, masing-masing dari Amerika Serikat dengan skor 0-3.

Kemudian mereka dikalahkan Ghana 0-4 dan kalah tipis dari Kolombia dengan skor 1-2.

4.Indonesia

Timnas U-17 Indonesia sebenarnya mengawali Piala Dunia U-17 2023 dengan cukup baik, menahan imbang Ekuador 1-1.

Sayangnya mereka gagal menang melawan Panama dengan skor 1-1 dan akhirnya kalah dari Maroko dengan skor 1-3.

Koleksi 2 poin tak mampu membawa Timnas U-17 Indonesia memastikan tiket perebutan peringkat ketiga terbaik fase grup untuk lolos ke babak 16 besar.

Kontributor: Eko