3 Pesaing Shin Tae-yong Jadi Pelatih Timnas Korea Selatan, Semua Nakhoda Jempolan – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Shin Tae-yong dikabarkan masuk dalam daftar calon pelatih timnas Korea Selatan setelah Jurgen Klinsmann dipecat.

Tersingkirnya Korea Selatan di semifinal Piala Asia 2023 menjadi alasan Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA) mengakhiri kerja sama dengan Klinsmann.

Dikutip dari media Korea Chosun, KFA berpeluang merekrut pelatih lokal untuk menggantikan Klinsmann. Sejauh ini ada empat nama, salah satunya adalah pelatih asal Indonesia, Shin Tae Yong.

Namun, Shin Tae-yong tidak sendiri. Rumornya, ada beberapa pelatih lain yang bisa jadi pesaing.

1.Hong Myung Bo

Hong Myung Bo merupakan senior Shin Tae-yong saat masih bermain dan merupakan rekan satu tim di timnas Korea Selatan.

Pelatih berusia 55 tahun itu saat ini menangani klub K League 1 Ulsan Hyundai. Di sana ia meraih kesuksesan besar dengan mengantarkan Ulsan Hyundai menjuarai K League 1 dua musim berturut-turut (2022 & 2023).

Peluang Myung Bo menjadi pelatih Korea Selatan terbuka karena ia menjabat sebagai pelatih Korea Selatan pada Juni 2013 hingga Juli 2014.

2. Hwang Sun-hong

Teman sekelasnya Hong Myung Bo juga memiliki rekam jejak yang mengesankan sebagai pelatih lokal Korea. Hwang Sun-hong saat ini melatih Korea Selatan U-23.

Kontraknya dikontrak sejak September 2021 dan akan berakhir pada Agustus 2024. Hwang Sun-hong sukses mengantarkan Korea U-23 meraih medali emas Asian Games 2022.

Bukan tidak mungkin hasil positif yang diberikan untuk timnas tingkat usia membuat KFA mempromosikan Hwang Sun-hong untuk melatih Timnas Senior.

3. Kim Do Hoon

Teman sekelas Shin Tae-yong saat aktif bermain sepak bola itu juga dikabarkan masuk dalam daftar pelatih Timnas Korea Selatan.

Sebagai seorang pelatih, ia memiliki rekam jejak yang mengesankan. Ia pernah membawa Ulsan Hyundai menjuarai Piala FA Korea dan Liga Champions Asia, lalu memimpin Lion City Sailors menjuarai Liga Singapura.

Kim Do Hoon juga memiliki pengalaman bersama timnas Korea saat menjadi asisten pelatih Korea Selatan U-20 pada tahun 2014.

Kontributor: Aditia Rizki