3 Pemain Timnas Indonesia yang Terancam Dicoret Efek Kedatangan Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas Indonesia mempunyai dua pemain turun temurun yang kemungkinan besar akan dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Maret mendatang.

Kehadiran mereka, yakni Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, diprediksi akan menggantikan pemain yang sebelumnya masuk dalam skuad Piala Asia 2023.

Setidaknya ada tiga pemain yang terancam tak dipanggil Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia melakoni dua laga berturut-turut melawan Vietnam pada Maret mendatang.

Baca juga: Mencetak Gol dalam 5 Laga Beruntun di Premier League, Rasmus Hojlund Cetak Rekor Bergengsi

Jay Idzes yang bermain untuk klub kasta kedua Liga Italia (Serie B) Venezia, telah menyelesaikan proses naturalisasi sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada Desember 2023.

Perpindahan Federasi Jay Idzes dari Belanda (KNVB) ke PSSI dikabarkan telah rampung. Sang pemain kini memenuhi syarat untuk membela timnas Indonesia.

Sedangkan Nathan Tjoe-A-On kini tengah menjalani proses naturalisasi. Ia hanya perlu menyelesaikan dua tahap yakni pengambilan Sumpah Kewarganegaraan Indonesia dan menjalani proses perpindahan asosiasi dari KNVB ke PSSI.

Dua pemain keturunan Jay Idzes mengenakan seragam Timnas Indonesia saat bertandang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (29/12/2023). [Dok. PSSI]

Karena kedua tahapan ini sebenarnya bisa dipercepat dengan cukup cepat, tidak menutup kemungkinan Nathan Tjoe-A-On bisa digunakan Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Maret mendatang.

Kehadiran kedua pemain ini mengancam beberapa pemain Timnas Indonesia yang akan diturunkan, terutama yang didatangkan Shin Tae-yong di Piala Asia 2023.

Juru taktik asal Korea Selatan itu memboyong 26 pemain ke skuad Piala Asia 2023, namun diprediksi hanya akan memanggil 25 pemain untuk persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Baca juga: Cedera Pergelangan Kaki, Real Madrid dipastikan tanpa Jude Bellingham menghadapi RB Leipzig

Artinya, setidaknya ada tiga pemain yang tersingkir dengan kehadiran Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Mereka antara lain Wahyu Prasetyo, Edo Febriansah, dan Dendy Sulistyawan.

Wahyu Prasetyo tak akan menjadi pemain utama di skuad Shin Tae-yong untuk Piala Asia 2023. Kehadiran Jay Idzes di sektor bek tengah diduga menjadi penyebab dirinya terdepak dari skuad Merah Putih.

Situasi serupa juga diperkirakan akan menimpa Edo. Pemain sayap kiri itu tak banyak diberi peluang oleh Shin Tae-yong sehingga posisinya rentan ditendang oleh Nathan Tjoe-A-On.

Dendy Sulistyawan berlatih bersama Timnas Indonesia (pssi.org)
Dendy Sulistyawan berlatih bersama Timnas Indonesia (pssi.org)

Khusus untuk Dendy Sulistyawan. Sang striker juga bukan pilar utama Shin Tae-yong di Piala Asia 2023. Ia sama sekali tidak terlibat dalam empat pertandingan yang dilakoni Timnas Indonesia.

Karena Shin Tae-yong sepertinya akan menjadikan Rafael Struick sebagai striker utamanya, Dendy kemungkinan besar akan dicoret jika performanya tidak membaik saat membela Bhayangkara FC di Liga 1 2023-2024.