3 Pelatih Lokal yang Bisa Isi Kursi Pelatih Timnas Indonesia Andai Shin Tae-yong Benar Cabut – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Masa depan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat ini masih menjadi spekulasi karena ada tawaran dari timnas lain dan kontraknya dengan tim Garuda akan berakhir pada Juni 2024.

Luis Milla dan beberapa pelatih asing disebut-sebut sebagai calon pengganti potensial, sementara PSSI juga mempertimbangkan pelatih lokal yang memiliki lisensi kepelatihan mumpuni.

Berikut tiga pelatih lokal yang berpeluang mengisi kursi pelatih senior Timnas Indonesia jika Shin Tae-yong benar hengkang.

1.Rahman Darmawan

Rahmad Darmawan alias Coach RD berpotensi menjadi calon pengganti Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

RD yang sudah mengantongi lisensi kepelatihan AFC Pro seperti Indra Sjafri, punya prestasi gemilang di level klub hingga mengantarkan Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC menjadi juara Liga Indonesia.

Pelatih berusia 57 tahun ini juga memiliki pengalaman internasional setelah membimbing klub Malaysia, dan juga berhasil mengantarkan Timnas U-23 Indonesia meraih medali perak di SEA Games 2011 dan 2013.

2. Yeyen Tumena

Yeyen Tumena yang berusia 47 tahun berpotensi menjadi calon pengganti Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia.

Meski lebih muda dari Indra Sjafri dan Shin Tae-yong, mantan pemain nasional Indonesia ini memiliki lisensi kepelatihan AFC Pro.

Sebagai lulusan terbaik kursus kepelatihan AFC Pro grup pertama, Yeyen juga merupakan asisten pelatih Timnas Indonesia dan juga pernah menjabat sebagai kepala analis Tim U-22 Indonesia pada tahun 2023.

3. Indra Syafri

Indra Sjafri, pelatih Timnas U-20 Indonesia saat ini, juga menjadi kandidat yang cocok menjadi pelatih senior Timnas Indonesia menggantikan Shin Tae-yong.

Berbekal lisensi AFC Pro, pengalaman di tim kelompok umur, dan gaya permainan yang disesuaikan dengan tiki-taka, Indra sukses tampil di Kualifikasi Piala AFF U-19 dan Piala AFC U-19.

Indra Sjafri juga dikenal baik dalam memahami budaya dan kondisi Indonesia.

Meski sudah berusia 60 tahun, ia telah membuktikan kesetiaannya dengan mengunjungi seluruh pelosok Indonesia untuk membangun tim.

Prestasinya antara lain juara Piala AFF U-19 2013 dan kemenangan di SEA Games 2023.

Kontributor: Imadudin Robani Adam