3 Kerugian Laga Uji Coba Timnas Indonesia Disiarkan Langsung, Blunder PSSI Demi Rating Televisi? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Berikut tiga kekalahan yang terjadi usai laga uji coba Timnas Indonesia jelang Piala Asia 2023 yang disiarkan langsung di televisi swasta dan layanan streaming.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia saat ini sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Turki jelang keikutsertaan di Piala Asia 2023 pada awal Januari 2024.

Dalam pemusatan latihan kali ini, skuad besutan Shin Tae-yong tak hanya sekadar berlatih, tapi juga punya agenda uji coba bersama negara lain.

Disebutkan, Timnas Indonesia akan melakoni tiga laga uji coba yakni dua kali melawan Libya dan satu kali melawan Iran.

Uji coba ini akan dilakukan sesaat sebelum Piala Asia 2023 digulirkan. Kabarnya, dua dari tiga laga uji coba tersebut akan disiarkan langsung di televisi swasta atau layanan streaming.

Kedua laga uji coba tersebut masing-masing melawan Libya pada 2 dan 5 Januari 2024 malam WIB.

Eksperimen ini bertujuan untuk mengukur kesiapan Timnas Indonesia dan hasil selama pemusatan latihan.

Kabar uji coba Timnas Indonesia yang disiarkan langsung menuai pro dan kontra. Ada pula yang berpendapat bahwa menyiarkan pertandingan uji coba justru akan menimbulkan kerugian.

Jika laga uji coba langsung Timnas Indonesia berakhir dengan kekalahan, kerugian seperti apa yang akan terjadi?

1. Keunggulan Lawan Anda

Banyak yang menilai, menyiarkan langsung laga uji coba Timnas Indonesia akan merugikan skuad Garuda itu sendiri dan memberikan keuntungan bagi lawan.

Pasalnya, tayangan uji coba Timnas Indonesia akan membuat strategi yang disiapkan Shin Tae-yong selama pemusatan latihan mudah dibaca lawan.

Hal tersebut akan menjadi kelemahan jika lawan Timnas Indonesia di fase grup Piala Asia 2023 seperti Vietnam, Irak, dan Jepang mengetahui strategi yang akan dimainkan di ajang tersebut.

2. Bikin Kegaduhan Jelang Piala Asia 2023

Kelemahan lainnya adalah soal respon netizen. Ya, besar kemungkinan hasil percobaan tersebut tidak akan ditanggapi positif oleh pendukung Timnas Indonesia jika gagal meraih hasil maksimal.

Jika laga uji coba melawan Libya gagal membuahkan hasil maksimal, ada potensi netizen memberikan respon buruk yang bikin gaduh jagat media sosial.

Apalagi dengan isu pemain Timnas Indonesia memasak mie instan yang belakangan mendapat kritik pedas, dikhawatirkan jika hasil tesnya tidak maksimal, para pemainnya akan ditakuti oleh netizen.

3. Memberikan Ekspektasi Tinggi pada Pemain

Meski laga uji coba siaran membuahkan hasil bagus, namun masih ada kekalahan bagi timnas Indonesia yang menjadi ekspektasi tinggi suporter terhadap skuad Garuda.

Saat Timnas Indonesia tampil bagus termasuk di tes, biasanya suporter skuad Garuda menaruh harapan besar untuk bisa tampil bagus di ajang resmi.

Harapan tersebut juga dikhawatirkan jika Timnas Indonesia tampil baik dalam uji coba melawan Libya. Jika hasil bagus di tes tersebut tidak bisa dilanjutkan di Piala Asia 2023, maka ada potensi sang pemain menjadi sasaran sasaran di media sosial.

Kontributor: Felix Indra Jaya