3 Hal yang Bikin Timnas Indonesia Heboh di Tahun 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Kesuksesan diraih Timnas Indonesia pada tahun 2023 dengan meraih medali emas SEA Games dan menghadapi juara dunia Timnas Argentina.

Meski kalah, laga melawan La Celeste merupakan kesempatan langka mengingat lawannya berada di level tertinggi.

Gelaran SEA Games 2023 punya arti penting setelah 32 tahun. Selain itu, Indonesia juga mendapatkan tiket Piala Asia U-23 dan senior serta mendapat kesempatan bermain di Piala Dunia U-17 2023.

Namun, terlepas dari pencapaian ini, terdapat beberapa kontroversi.

1. Pukulan pada Lawan

Pemain Borneo FC U-2, Hugo Samir, dilarang bermain di dua pertandingan dan denda Rp 5 juta karena melakukan pelecehan terhadap pemain Persib Bandung. (PSSI.org)

Hugo Samir awalnya mendapat pujian atas penampilannya yang luar biasa di Asian Games 2023 dengan mencetak gol di laga melawan Kyrgyzstan.

Namun pada laga berikutnya melawan Uzbekistan, ia menimbulkan kontroversi dengan menyikut lawannya hingga mendapat kartu merah.

Lebih lanjut, Hugo pernah terlibat insiden kontroversial saat bermain untuk Borneo FC di Elite Pro Academy Liga 1 U-20 2023/2024, terlibat perkelahian dengan pemain Persib Bandung.

2. Masak Mie Instan di TC

Timnas Indonesia saat ini tengah menjalani pemusatan latihan di Turki jelang Piala Asia (PSSI) 2023.
Timnas Indonesia saat ini tengah menjalani pemusatan latihan di Turki jelang Piala Asia (PSSI) 2023.

Timnas Indonesia untuk persiapan Piala Asia 2023 didatangkan Pelatih Shin Tae-yong bersama 28 pemain untuk TC di Turki.

Namun kehebohan muncul saat Marselino Ferdinand mengunggah video Witan Sulaeman sedang membuat mie instan. Meski unggahan tersebut dihapus, Shin Tae-yong memberikan peringatan keras kepada pemain yang terlibat.

3. Kekacauan di Final SEA Games

Selebrasi Ramadhan Sananta usai mencetak gol ke gawang Thailand di final Sea Games 2023 (pssi.org)
Selebrasi Ramadhan Sananta usai mencetak gol ke gawang Thailand di final Sea Games 2023 (pssi.org)

Final SEA Games 2023 penuh drama timnas Indonesia mulai dari ‘prank’ terhadap Indra Sjafri akibat peluit wasit dibunyikan hingga gol di menit-menit akhir semakin menambah tensi.

Melawan Thailand skor 2-2 di waktu normal, namun Indonesia menang 5-2 di perpanjangan waktu. Terjadi perkelahian antara pemain dan staf pelatih, bahkan manajer Sumardji pun dihajar.

Titan Agung dan Komang Teguh terkena skorsing enam pertandingan dan denda Rp15 juta, sedangkan Taufany Muslihuddin juga mendapat sanksi serupa.

Kontributor: Imadudin Robani Adam