3 Fakta Menarik Persib Bandung Ubah Hari Jadi, Kini Lebih Tua dari PSSI – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Persib Bandung mengubah tanggal berdirinya klub. Tim yang dikenal dengan nama Maung Bandung mengumumkan bahwa hari jadinya akan jatuh pada tanggal 5 Januari 1919, bukan tanggal 14 Maret 1933.

Ada fakta unik terkait perubahan ini karena mengubah tanggal lahir bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan mudah. Ingin tahu? Berikut ulasannya.

1. Melakukan penelitian sejarah

Pada Minggu (17/12/2023), Persib resmi mengumumkan tanggal lahir barunya setelah menerima hasil penelitian tim peneliti HUT Persib yang dipimpin Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran, Prof. Kunto Sofianto, Ph.D.

Anggota tim peneliti HUT Persib antara lain Dr. Miftahul Falah M.Hum, Budi Gustaman Sunarya, MA, Iqbal Reza Satria, SH, MIP, dan Muhammad Ridha Taufiq Rahman, S.IP., MA.

“Penelitian HUT ini dilakukan untuk menjawab kekhawatiran bahkan keraguan yang muncul selama satu dekade terakhir, khususnya dari kalangan penggiat literasi, jurnalis, dan Bobotoh Persib karena belum ada bukti otentik yang mendasari penetapan HUT Persib pada 14 Maret 1933,” ujarnya. dikatakan. Kunto Sofianto.

2. Lebih tua dari PSSI

Selain itu, Persib (Bandoengsch Inlansch Voetbal Bond/BIVB) yang merupakan salah satu dari tujuh serikat pekerja (obligasi) yang mendirikan PSSI pada 19 April 1930 menjadi pertimbangan utama dalam melakukan kajian dan penelitian ilmiah terkait HUT ini.

Logika yang tepat, Persib pasti lahir sebelum PSSI karena Maung Bandung berperan dalam terbentuknya PSSI.

3. Referensi Kuat Lainnya

Dasar penetapan 5 Januari 1919 sebagai hari jadi Persib adalah hasil kesepakatan sesaat dalam pertemuan atau pertemuan yang melibatkan 13 klub pribumi, seperti KBS, BB (Bintang Bandoeng), STER (Steeds trappen en rennen), Diana (Doe is alles niet achteruit), Zwaluw, BIVC, BVC, KVC, VVC, Visser, NVC, Brom dan Ketjil Market.

Kontributor: Imadudin Robani Adam