3 Dampak Positif Jika Joachim Low Jadi Direktur Teknik PSSI – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Sejumlah pelatih top asal Jerman muncul saat General Manager PSSI Erick Thohir sedang mencari Direktur Teknik (Dirtek) baru, dan salah satu nama yang layak dipertimbangkan adalah Joachim Low.

Nama Joachim Low memang menjadi salah satu sosok menarik yang digosipkan menjadi Direktur Teknik PSSI. Pasalnya, pelatih asal Jerman ini punya rekor mentereng di dunia kepelatihan.

Striker timnas Jerman Marco Reus (kanan) bersama pelatihnya, Joachim Low saat sesi latihan tim. [EMMANUEL DUNAND / AFP]

Erick Thohir tidak berangkat ke Jerman sendirian, melainkan didampingi dua wakilnya, Zainudin Amali dan Ratu Tisha Destria. Perburuan direktur teknik merupakan bagian dari kerja sama antara PSSI dan Federasi Sepak Bola Jerman (DFB).

“Pertengahan Juni 2023, saya akan ke Frankfurt bersama Pak Amali dan Bu Tisha untuk kerja sama Direktur Teknik PSSI,” kata Erick Thohir di SUGBK, Jakarta, Senin (29/5/2023).

Berikut tiga dampak positif yang bisa diberikan bagi sepak bola Indonesia jika Joachim Low diangkat menjadi Direktur Teknik (Dirtek) PSSI.

1. Kaya Pengalaman

Salah satu dampak positif kedatangan Joachim Low saat diangkat sebagai Direktur Teknik (Dirtek) PSSI yang baru adalah bisa menyampaikan pengalaman panjangnya di dunia kepelatihan.

Sebab, pria berusia 63 tahun itu sudah memulai karier kepelatihan sejak 1992. Karirnya merambah banyak klub termasuk timnas Jerman.

Bersama timnas Jerman, ia bertugas dari tahun 2006 hingga 2021. Dengan kata lain, pengalamannya selama 15 tahun sebagai arsitek Der Panzer membuktikan bahwa dirinya memiliki banyak kapasitas.

2. Pembinaan Pemuda

Satu catatan positif yang bisa menguntungkan sepak bola Indonesia adalah pengalaman Joachim Low melatih tim-tim muda.

Pengalaman tersebut didapat saat mantan pelatih Fenerbahce itu menangani tim muda FC Winterthur di awal karirnya di dunia desain strategi pada 1992-1994.

Karya inilah yang nantinya membantu Joachim Low merevisi kurikulum untuk mengembangkan pemain usia dini di Indonesia.

3. Juara Piala Dunia Terlatih

Selain itu, sepak bola Indonesia tentunya bisa memanfaatkan pengalaman Joachim Low yang pernah menjuarai Piala Dunia.

Prestasi istimewa ini diraih mantan pelatih VfB Stuttgart itu bersama timnas Jerman pada Piala Dunia 2014 di Brasil. Sebelumnya, timnas Jerman juga pernah meraih juara ketiga pada edisi 2010.

Pengalaman meraih sukses di Piala Dunia tentu sangat positif jika dibagikan kepada para pemain sepak bola Indonesia, baik untuk pelatih, pengurus, manajemen klub, bahkan para pemain sepak bola Indonesia.

[Penulis: Muh Faiz Alfarizie]