3 Bukti Andil Shin Tae-yong di Balik Keberhasilan Timnas Indonesia U-22 Raih Emas SEA Games 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Shin Tae-yong disebut berperan besar dalam keberhasilan timnas U-22 Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023.

Seperti diketahui, Indonesia berhasil mengakhiri penantian selama 32 tahun untuk merebut medali emas sepak bola putra SEA Games setelah mengalahkan Thailand.

Dalam duel yang berlangsung Selasa (16/5/2023) kemarin, Timnas U-22 Indonesia sukses mengalahkan pemilik 16 medali emas sepakbola SEA Games itu dengan skor 5-2.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong melambai ke arah penonton pada laga ujicoba FIFA Match Day melawan Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (25/3/2023) sore WIB. [PSSI]

Meski tak terlibat langsung dalam kesuksesan Indonesia, Shin Tae-yong dinilai tetap berperan besar. Apa kontribusi pelatih asal Korea Selatan itu?

1. Pemain Muda Berpengalaman

Keberanian Shin Tae-yong memotong dua generasi di timnas Indonesia membuat para pemain muda tampil ke depan dan memiliki pengalaman di level senior.

Hal itu terlihat dari 60% dari 20 pemain yang dipanggil Indra Sjafri ke Timnas U-22 Indonesia merupakan pemain binaan Shin Tae-yong di level senior.

Para pemain muda dengan jam terbang yang lumayan ini akhirnya menjadi tulang punggung keberhasilan Timnas U-22 Indonesia meraih medali emas.

2. Mental dan Konsisten

Bukan rahasia lagi jika Shin Tae-yong menekankan kekuatan mental dan konsistensi tingkat tinggi pada setiap pemain yang ia latih di Timnas Indonesia.