3 Bintang Muda Timnas Indonesia yang ‘Mudik’ Pasca Abroad, Terbaru Ada Bagus Kahfi – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Sejumlah pemain muda Timnas Indonesia mencuri perhatian karena berani mengambil risiko ‘di luar negeri’ alias berkarir di luar negeri, alih-alih bermain di zona nyaman.

Selama beberapa tahun terakhir, bintang-bintang muda Indonesia cukup sibuk keluar negeri untuk mengejar impian berkarier di luar negeri. Namun, tidak banyak yang mencapai kesuksesan.

Di antara nama yang mungkin marak akhir-akhir ini adalah Asnawi Mangkualam. Di Korea Selatan, dia bermain di kasta kedua bersama Ansan Greeners.

Penampilannya yang mengesankan juga membuatnya direkrut oleh Jeongham Dragons. Selain Asnawi, ada pula nama Saddil Ramdani yang berhasil tampil reguler di Liga Super Malaysia.

Selain nama-nama tersebut, cerita para pemain Indonesia di luar negeri seringkali cukup memprihatinkan. Mereka jarang mendapatkan menit bermain dan akhirnya memutuskan untuk ‘pulang’ ke Indonesia.

Berikut beberapa bintang muda Indonesia yang memilih kembali ke tanah air untuk melanjutkan karir di Indonesia:

1. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman merupakan salah satu pemain muda berbakat yang berkesempatan meniti karir di Eropa saat masih muda.

Ia sempat berkarier di Slovakia bersama Radnik Surdulica, FK Senica, hingga AS Trencin. Di Polandia, Witan juga bermain untuk Lechia Gdansk.

Namun, setelah kesulitan mendapatkan jam terbang yang tepat, pemain berusia 21 tahun itu memutuskan kembali ke Indonesia. Klub pertama yang menampungnya adalah Persija Jakarta.

2.Egy Maulana Vikri

Kisah yang dialami Witan Sulaeman sepanjang karirnya di Eropa tak jauh berbeda dengan nasib yang dihadapi sahabat baiknya, Egy Maulana Vikri.

Egy sebenarnya pertama kali menginjakkan kaki di Benua Biru saat direkrut oleh klub Polandia, Lechia Gdansk. Setelah itu, ia membela dua klub asal Slovakia yakni FK Senica dan Zlaté Moravce.

Namun, ceritanya dengan klub tidak memuaskan. Akhirnya pemain berusia 22 tahun ini memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya pada Januari 2023. Saat itu, Eggy didatangkan Dewa United di tengah kompetisi Liga 1 2022-2023.

3. Kahfi yang baik

Amiruddin Bagus Kahfi adalah pemain bintang muda Indonesia terbaru yang memilih untuk kembali ke Indonesia setelah berjuang untuk mendapatkan karir bintang di Eropa.

Karya penyerang asal Magelang ini sebenarnya cukup menonjol bersama Garuda Select. Setelah itu, ia direkrut oleh klub Belanda, FC Utrecht.

Awalnya Bagus bermain di level U-18 dan U-21. Namun, setahun kemudian, dia direkrut oleh klub Yunani Asteras Tripoli. Pekerjaannya di sana juga tidak terlalu menyenangkan.

Hingga akhirnya petualangan Bagus Kahfi di Eropa berakhir. Ia memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan bergabung kembali dengan klub lamanya, Barito Putera.

[Muh Faiz Alfarizie]