3 Alasan Timnas Indonesia U-23 Bisa Lolos Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Salah Satunya Shin Tae-yong – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Berikut beberapa alasan mengapa Timnas U-23 Indonesia bisa lolos ke Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dan berlaga di babak final ajang tersebut.

Dalam waktu dekat, Timnas U-23 Indonesia akan kembali beraksi saat mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Pada tahap kualifikasi ini, total 43 negara akan berpartisipasi dan telah dibagi menjadi 11 grup dari Grup A hingga Grup K.

Shin Tae Yong, Pelatih Timnas Senior Indonesia (pssi.org)

AFC atau Asian Football Confederation sebagai penyelenggara event ini sudah memiliki 11 negara dari masing-masing grup sebagai tuan rumah.

Timnas U-23 Indonesia yang tergabung dalam grup K juga terpilih sebagai tuan rumah grup tersebut dan akan bertanding dengan dua negara lainnya.

Dalam pengundian yang digelar Mei 2023, Timnas U-23 Indonesia tergabung di Grup K bersama Turkmenistan dan Taiwan.

Menghadapi kedua negara tersebut, Timnas U-23 Indonesia harus meraih dua kemenangan untuk menjadi juara grup dan lolos ke final.

Jika tak mampu menjadi juara grup, Timnas U-23 Indonesia harus mampu menjadi satu dari empat runner up grup terbaik dari 11 grup yang ada.

Meski jalan di depan terjal untuk lolos, ada beberapa alasan mengapa Timnas U-23 Indonesia bisa lolos dari babak kualifikasi ini dan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Apa alasan ini? Berikut ulasannya.

1. Status Tuan Rumah

Timnas Indonesia diyakini bisa lolos ke babak final Piala Asia U-23 2024 karena statusnya sebagai tuan rumah babak kualifikasi.

Status tuan rumah ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Timnas Indonesia U-23 yang akan didukung puluhan hingga puluhan ribu suporter di stadion.

Besarnya dukungan suporter ini mampu membangkitkan semangat para pemain dan menghantui lawan-lawan Timnas Indonesia U-23.

2. Shin Tae-yong sebagai Pelatih

Pada Kualifikasi Piala Asia U-23 Tahun 2024, Timnas U-23 Indonesia akan dipimpin oleh Shin Tae-yong yang memiliki rekam jejak bagus memimpin tim senior lolos ke Piala Asia 2023 dan tim U-23 lolos. untuk Piala Asia U-20 2023.

Shin Tae-yong sendiri ditunjuk langsung oleh General Manager (Ketum) PSSI, Erick Thohir, untuk menangani Timnas U-23 Indonesia yang sedianya diserahkan kepada Indra Sjafri.

Dengan status sebagai pelatih ternama dan taktik jitu di babak kualifikasi, Timnas Indonesia U-23 diprioritaskan untuk lolos.

3. Potensi Kehadiran Pemain Luar Negeri

Berbeda dengan negara pesaing lainnya, ada kemungkinan Timnas U-23 Indonesia akan diperkuat oleh pemain Asing atau yang berkarir di luar negeri.

Nama-nama seperti Marselino Ferdinand, Rafael Struick, dan Ivar Jenner diyakini bakal dipanggil membela Timnas Indonesia U-23 di ajang tersebut.

Di sisi lain, mayoritas pemain Timnas Indonesia U-23 merupakan pemain yang sangat familiar dengan Shin Tae-yong. Sehingga memudahkan pelatih asal Korea Selatan itu lolos ke Piala Asia U-23 2024.

[Penulis: Felix Indra Jaya]