2 Tim Sudah Amankan Tiket 16 Besar Piala Asia 2023, Bagaimana Nasib Timnas Indonesia? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Sejauh ini, sudah ada dua tim yang sukses mengamankan tiket babak 16 besar Piala Asia 2023, yakni tuan rumah Qatar dan Australia. Lantas, bagaimana nasib Timnas Indonesia?

Sekadar informasi, dua tim teratas tiap grup dan empat tim peringkat ketiga terbaik lolos ke babak 16 besar.

Sebagai tuan rumah, Qatar telah memastikan tempat mereka di babak 16 besar setelah dua kemenangan di Grup A.

Baca juga: Perbandingan Kekayaan Gunawan Dwi Cahyo dengan Kiesha Alvaro, Siapa Lebih Kaya?

Mereka berhasil mengalahkan Lebanon 3-0 di laga pertama dan Tajikistan 1-0 di laga kedua. Dengan enam poin, Qatar kini memimpin Grup A.

China berada di urutan kedua Grup A dengan 2 poin, namun Qatar tetap aman di puncak.

Pemain Qatar Akram Afif (kanan) merayakan kemenangan timnya atas Lebanon pada laga pembuka Grup A Piala Asia 2023 di Stadion Lusail di Lusail, Doha, Jumat 12 Januari 2024. Permata SAMAD / AFP

Hari ini, Kamis (18/1/2024) hingga Jumat pagi WIB, akan ada tiga tim yang melakoni matchday kedua fase grup, yakni Suriah vs Australia dan India vs Uzbekistan dari Grup B, serta Palestina vs Uni Emirat Arab dari Grup B. Grup C.

Laga Suriah vs Australia berakhir dengan kemenangan The Socceroos dengan skor tipis 1-0. Hasil ini cukup membawa tim besutan Graham Arnold melaju ke babak 16 besar.

Tambahan tiga poin membuat Australia kini memuncaki Grup B dengan enam poin, unggul lima poin dari peringkat kedua Uzbekistan.

Secara matematis, Australia mustahil tersingkir dari dua besar, artinya mereka dipastikan melaju ke babak knockout menyusul Qatar.

Baca juga: Biodata dan Kekayaan Kiesha Alvaro, Anak Tiri Gunawan Dwi Cahyo yang Kini Jadi Tulang Punggung Keluarga

Di sisi lain, nasib Timnas Indonesia akan ditentukan pada 19 Januari mendatang saat menghadapi rival di ASEAN, Vietnam.

Saat ini skuad Garuda berada di posisi terbawah Grup D dengan raihan poin nol, setara dengan Vietnam namun unggul jumlah gol.

Jika kalah dari Vietnam, peluang Timnas Indonesia melaju ke babak 16 besar hampir tertutup. Selain harus menghadapi Jepang di matchday terakhir Grup D, total poin maksimal Garuda hanya tiga dan dinilai belum cukup untuk lolos lewat jalur peringkat ketiga terbaik.

Kontributor: Imadudin Robani Adam