2 Fakta di Balik Kegacoran Ranking FIFA Timnas Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pada pertengahan Februari 2024, Timnas Indonesia mendapat kabar positif dengan naik empat peringkat dalam ranking terbaru FIFA yang dirilis.

Kini, tim Garuda berada di posisi 142 dengan total 1.072,25 poin, memperoleh tambahan 8,65 poin dan semakin dekat dengan zona peringkat 130 di bawah bimbingan pelatih Shin Tae-yong.

Di sisi lain, Vietnam yang dilatih Philippe Troussier mengalami penurunan drastis setelah tampil di Piala Asia 2023 baru-baru ini.

Vietnam keluar dari 100 besar peringkat FIFA dengan turun 11 peringkat, dengan mereka kini berada di peringkat 105 dalam peringkat dunia terbaru.

1. Harus lebih tinggi

Lewat performanya di Piala Asia 2023 di Qatar, Timnas Indonesia sebenarnya berpeluang melonjak ke posisi 135 ranking FIFA. Sayangnya, peluang tersebut tak mampu direalisasikan oleh skuad Garuda.

Peluang peningkatan peringkat yang signifikan pun hilang saat Timnas Indonesia kalah 0-4 dari Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023.

Jika Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Australia, mereka berpotensi mendulang tambahan 30,21 poin karena Socceroos saat itu menduduki peringkat 23 dunia.

Namun hasil laga tersebut menghentikan momentum pemeringkatan Timnas Indonesia.

2. Pemberkatan Piala Asia 2023

Prestasi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 berperan penting dalam menambah poin mereka.

Aksi apik tim Merah Putih, apalagi saat menang melawan Timnas Vietnam di fase grup, menjadi momen tak terlupakan.

Pada laga tersebut, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan menang 1-0 sehingga memastikan tempat mereka di babak 16 besar.

Kemenangan atas Vietnam, selain lolos ke babak 16 besar, menjadi kunci keberhasilan Timnas Indonesia naik peringkat FIFA.