18 Tahun Lalu PSSI dan Timnas Indonesia Belum Ada di Titik Ini – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Mantan pemain timnas Belgia keturunan Indonesia, Radja Nainggolan mengaku bisa memperkuat timnas Indonesia jika PSSI bisa seperti sekarang. Ia menjelaskan, saat pertama kali memperkuat timnas Belgia, PSSI belum seperti sekarang.

Radja Nainggolan merupakan pesepakbola asal Belgia yang memiliki darah Indonesia dari ayahnya. Oleh karena itu, pria yang pernah bermain untuk Inter Milan itu bisa saja bermain di timnas Indonesia melalui naturalisasi, asalkan tidak tampil lebih dari tiga kali untuk Belgia.

Konferensi pers bersama General Manager PSSI Erick Thohir, legenda sepak bola Belgia Radja Nainggolan, dan pemain Timnas Wanita Indonesia Sabreena Dreesler, Rabu (8/11/2023) siang (Pahami.id/Adie Prasetyo Nugraha).

Sejak kecil, Radja Nainggolan sudah berada di Belgia. Ia mengaku bisa memberdayakan Timnas Indonesia pada tahun 2005 jika PSSI seperti sekarang.

Tak dijelaskan secara detail apa yang dimaksud Nainggolan. Namun memang benar PSSI tahun 2005 yang dipimpin Nurdin Halid belum sehebat sekarang yang terus mengalami kemajuan.

“18 tahun lalu saat pertama kali bermain untuk Belgia, saya tidak menyangka Indonesia (federasi dan timnasnya) bisa berada di level seperti sekarang ini,” kata Nainggolan saat ditemui di Jakarta, Rabu (8/11/2023). .

Jadi kalau kita berpikir 18 tahun lalu (seperti sekarang), semuanya bisa berubah. Banyak perubahan yang terjadi dan ini hal positif bagi Indonesia, lanjutnya.

PSSI di era Erick Thohir sedang giat berburu pemain keturunan untuk memperkuat timnas Indonesia. Saat ini sedang menjalani proses tiga orang yakni Justin Hubner, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-on.

Erick juga sedang memburu dua pemain lainnya yang berposisi sebagai gelandang dan penyerang. Namun kedua nama tersebut masih dirahasiakan.

Sebelumnya, beberapa nama sudah menjadi WNI melalui naturalisasi. Mereka adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick dan Ivar Jenner.