12 Pemain Bernama Nguyen Banjiri Skuad Vietnam di Piala AFF U-23 2023, Nama Pasaran? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Turnamen Piala AFF U-23 2023 baru saja usai dan Vietnam yang kebanjiran pemain bernama Nguyen tampil sebagai juara usai mengalahkan timnas Indonesia di laga puncak.

Pada Piala AFF U-23 2023 yang digelar di Stadion Rayong, Sabtu (26/8/2023), Vietnam mengalahkan timnas Indonesia di final melalui adu penalti dan beberapa pemain tim berjuluk The Golden Star Warriors yang turut andil dalam kemenangan tersebut. pertandingan diberi nama Nguyen.

Pemain Vietnam, Nguyen Hong Phuc yang menyikut Haykal Alhafiz. (Instagram/phucbo_21)

Tercatat, pada Piala AFF U-23 2023, pelatih Vietnam Hoang Anh Tuan memboyong 23 pemain dan 12 di antaranya bernama Nguyen. Salah satunya Nguyen Hong Phuc yang membuat geram suporter Garuda di final.

Nguyen Hong Phuc menjadi fokus setelah menerkam Haykal Alhafiz di babak tambahan. Ia bermain agak licik dengan memasukkan tinjunya ke dalam saat memukul pemain Indonesia.

Dua pemain lagi bernama Nguyen berkontribusi membantu Vietnam menjuarai Piala AFF U23 dengan mencetak gol ke gawang Ernando Ari dalam adu penalti yang berakhir 6-5.

Mengapa Banyak Sekali Nama Nguyen di Timnas Vietnam?

Penggunaan nama Nguyen sendiri bagi masyarakat Vietnam merupakan hal yang lumrah. Mengutip Local Insider, dari data yang dihimpun pada tahun 2017 setidaknya sekitar 46 persen masyarakat Vietnam menggunakan nama Nguyen.

34 persen sisanya menggunakan nama keluarga Huynh/Hoang, Tran, Bui, Phan, Do, Vu/Vo, Le, Dang dan Pham.

Dihimpun dari berbagai sumber, orang Vietnam awalnya tidak menggunakan nama keluarga. Namun semuanya berubah ketika Tiongkok pada era Dinasti Han berkuasa di Vietnam pada abad ke-2 SM.

Penggunaan nama keluarga juga diperkenalkan pada bangsa Vietnam dan Tiongkok.

Pakar kajian Vietnam dari Universitas Hawaii, Stephen O’Harrow menduga, di bawah kekuasaan Tiongkok, masyarakat Negeri Tirai Bambu secara khusus menetapkan nama keluarga untuk menyimpan catatan pajak.

Dari sinilah awal mula Tiongkok memberikan doktrin penggunaan nama keluarga kepada masyarakat Vietnam. Bahkan penggunaan nama keluarga juga berasal dari bahasa Tionghoa yang kemudian diserap sesuai budaya dan bahasa di Vietnam.

Skuad B-23 Timnas Vietnam (vff.org.vn)
Skuad B-23 Timnas Vietnam (vff.org.vn)

Sedangkan nama Nguyen sendiri berasal dari bahasa Mandarin Kuno yaitu Ruan yang kemudian diserap ke dalam bahasa daerah yang sering kita dengar sekarang.

O’Harrow berpendapat bahwa semakin populernya penggunaan nama Nguyen oleh masyarakat Vietnam tidak terlepas dari identitas para pemimpin dinasti Nguyen.

Keluarga Nguyen dikenal sebagai keluarga kerajaan terakhir sebelum Vietnam mendeklarasikan dirinya sebagai negara modern.

Padahal, Ho Chi Minh, tokoh besar yang juga pahlawan nasional Vietnam, dulu dipanggil Nguyen. Ia lahir dengan nama Nguyen Sinh Cung.

Klaim lain, popularitas penggunaan nama Nguyen terjadi pada masa transisi politik setelah Dinasti Ly pada 1010-1225.

Dinasti ini berakhir karena munculnya pemberontakan Tran Thu Do yang mengakibatkan pemerintah Tran menetapkan nama Ly sebagai nama keluarga. Namun ternyata nama tersebut dianggap tabu. Akibatnya, masyarakat memerintahkan mantan bangsawan untuk mengubah nama keluarga mereka menjadi Nguyen.

Sejak itu, banyak orang Vietnam yang menggunakan nama belakang siapa pun yang berkuasa saat itu. Merupakan tradisi untuk menunjukkan kesetiaan kepada pemimpinnya.