10 pemain muda terbaik Euro 2024

by

Piala Eropa 2024 telah berakhir dan beberapa pemain terbaik di seluruh benua telah menorehkan prestasi di turnamen di Jerman.

Spanyol lah yang akhirnya mengangkat peralatan makan perak di Berlinmengalahkan Inggris di final dengan cara yang dramatis Sementara banyak pemain profesional berpengalaman membantu La Roja mencapai kemenangan, pemain-pemain muda andalan mereka lah yang menaburkan debu bintang pada penampilan mereka dan benar-benar membuat kagum.

UEFA memberikan penghargaan Pemain Muda Terbaik Turnamen kepada pemain yang berusia maksimal 22 tahun, jadi dengan mempertimbangkan kriteria tersebut, berikut adalah 90 menit bintang muda terbaik Euro 2024

Nuno Mendes

Mendes mencetak gol penalti yang luar biasa / Lars Baron/GettyImages

Negara: Portugal

Sungguh memalukan bahwa Portugal tidak melangkah lebih jauh dari perempat final. Roberto Martinez adalah masalah besar sebagai manajer, sementara ego Cristiano Ronaldo membuat Selecao tidak memiliki keunggulan dalam menyerang.

Kegagalan mereka akan sulit diterima oleh para penggemar mereka mengingat banyaknya bakat yang dimiliki Portugal, tetapi Nuno Mendes setidaknya meninggalkan turnamen dengan banyak pujian.

Timnya kalah dari Prancis dalam adu penalti, tetapi sebelum itu ia berhasil melakukan salah satu tendangan penalti yang mungkin pernah Anda lihat.

Bukayo Saka

Saka masih berusia 22 tahun / Richard Pelham/GettyImages

Negara: Inggris

Agak aneh untuk masih menempatkan Bukayo Saka di antara anak-anak muda di seluruh Eropa, mengingat ia bermain dengan kedewasaan yang tidak mencerminkan usianya yang 22 tahun.

Statistik hanya satu gol dan tidak ada assist di turnamen ini tidak cukup untuk menggambarkan bintang Arsenal ini. Saka menyelamatkan Inggris dari kekalahan dini dari Swiss dengan tendangan jarak jauh yang indah dan memasukkan penaltinya dalam adu penalti, mengalahkan beberapa hantu dari Euro 2020.

Ia tampak mampu memberikan momen yang mengubah permainan di final melawan Spanyol, tetapi itu tidak sepenuhnya terjadi.

Florian Wirtz

Wirtz mencetak dua gol di Euro 2024 / Qian Jun/MB Media/GettyImages

Negara: Jerman

Florian Wirtz berhasil masuk ke dalam skuad Jerman lewat penampilannya yang mengagumkan selama kampanye gelar Bundesliga bersama Bayer Leverkusen dan menunjukkan kepada dunia siapa dirinya sebenarnya dengan golnya dalam kemenangan telak atas Skotlandia pada malam pembukaan.

Ia sedikit kesulitan di pertandingan-pertandingan berikutnya, tidak tampil senyaman di sayap kiri seperti di tengah, tetapi pemain berusia 21 tahun itu masih bangkit setelah diturunkan melawan Denmark untuk mencetak gol penyeimbang bagi Spanyol di menit-menit akhir babak perempat final.

Ia bukanlah Wirtz yang klasik, tetapi ia akan semakin baik di turnamen-turnamen besar di masa mendatang.

Kobbie Mainoo

Berakhir dengan patah hati bagi Mainoo / Visionhaus/GettyImages

Negara: Inggris

Lini tengah Inggris menjadi bahan perdebatan utama di tahap awal Euro 2024, tetapi akhirnya Kobbie Mainoo-lah yang bermitra dengan Declan Rice dan menjadikan posisi itu miliknya.

Itu Manchester United pemain muda ini masih merupakan bakat yang masih baru namun tampaknya telah menguasai setiap aspek penting dalam permainan dan akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Ia akan terus bermitra dengan Rice dan Jude Bellingham di tahun-tahun mendatang dan lini tengahnya dapat segera menjadi salah satu yang terbaik dunia.

Xavi Simons

Simons membantu Belanda mencapai semifinal / Alex Livesey/GettyImages

Negara: Belanda

Xavi Simons pasti berada di awang-awang ketika ia melepaskan tembakan termanis yang membawa Belanda unggul atas Inggris di semi-final.

Dia telah memberikan tiga assist di babak penyisihan grup sebelum pertemuan empat besar itu dan, meski Oranje tidak berakhir mencapai final, Simons menambahkan beberapa euro pada nilai transfernya musim panas ini.

Inggris v Slowakia: Babak 16 Besar - UEFA EURO 2024

Bellingham mencetak salah satu gol terbaik di turnamen tersebut / Jürgen Fromme – firo sportphoto/GettyImages

Negara: Inggris

Yang terpenting bukan penampilan total, melainkan momen ajaib bagi Jude Bellingham di Euro 2024.

Semuanya berjalan lancar ketika Real Madrid Bintang tersebut menyundul bola yang ternyata menjadi gol kemenangan Inggris atas Serbia, namun Three Lions sangat lemah dalam penyerangan sehingga sulit untuk menempatkannya lebih tinggi dari posisi kelima di sini.

Namun, tendangan salto melawan Slovakia langsung menjadi ikon, begitu pula teriakannya, ‘Siapa lagi?’. Dia akan kembali.

Arda Guler

Guler tampil mengesankan untuk Turki / Image Photo Agency/GettyImages

Negara: Turki

Para penggemar kini memiliki gambaran yang cukup bagus tentang siapa Arda Guler sebenarnya berkat peran utamanya dalam membawa Turki ke babak delapan besar.

Dia tidak mendapatkan banyak menit bermain di Real Madrid musim lalu, tetapi langsung tampil gemilang dalam pertandingan pertamanya di Jerman dengan mencetak gol melengkung sempurna melawan Georgia, sebelum mengantongi assist di babak sistem gugur.

Turki menunjukkan banyak kegigihan dan ketahanan di Euro 2024 dan berharap bakat luar biasa Guler dapat membawa mereka lebih jauh di turnamen mendatang.

Jamal Musiala

Musiala membantu Jerman mencapai perempat final / Shaun Botterill/GettyImages

Negara: Jerman

Jamal Musiala disebut-sebut sebagai salah satu pemain muda yang harus diwaspadai musim panas ini dan anak ajaib Bayern Munich itu tampil gemilang bagi Jerman.

Kurangnya pengalaman terlihat jelas saat tersingkir di perempat final melawan Spanyol, tetapi pemain berusia 21 tahun itu telah mencetak tiga gol sebelum titik itu, mencetak gol melawan Skotlandia, Hungaria, dan Denmark.

Pelatih Jerman Julian Nagelsmann punya banyak talenta cemerlang untuk diajak bekerja sama di masa depan dan Musiala tidak dapat disangkal lagi adalah pilihan terbaik.

Nico Williams

Williams mencetak gol pembuka Spanyol di final / Richard Pelham/GettyImages

Negara: Spanyol

Perebutan tanda tangan Nico Williams telah dipicu oleh penampilannya yang gemilang di tim Spanyol yang luar biasa musim panas ini.

Pemain sayap Athletic Club itu memanfaatkan kecepatan dan dribelnya yang cepat secara maksimal di Jerman dan menghasilkan penyelesaian yang menentukan di final untuk membawa La Roja unggul atas Inggris.

Ia mungkin sedikit kalah bersinar dibandingkan rekan sayapnya, tetapi Williams kini telah tampil di panggung besar dan tidak akan pergi untuk beberapa waktu.

Lamin Yamal

Yamal adalah bakat yang luar biasa / Robbie Jay Barratt – AMA/GettyImages

Negara: Spanyol

Ia berusia 17 tahun sehari sebelum final, tetapi sudah mulai sulit untuk memikirkan kata-kata superlatif baru untuk menggambarkan pemain hebat Spanyol Lamine Yamal.

Selain menaklukkan Adrien Rabiot yang jago bicara lewat gol memukau di semifinal melawan Prancis, remaja Barcelona itu juga menciptakan empat assist sepanjang turnamen, termasuk gol pembuka Williams di final.

Yamal diberi nama Pemain Muda Terbaik Turnamen Euro 2024 dan tidak ada alasan kuat untuk memberikan penghargaan tersebut di tempat lain. Ia adalah talenta yang sudah ada sejak lama dan, di usianya yang masih muda, Barca harus melindunginya lebih baik daripada bintang-bintang muda lain yang telah mereka hasilkan dalam beberapa tahun terakhir.

BACA BERITA, PRATINJAU & RATING PEMAIN EURO 2024 TERBARU