Berita Kejanggalan Detik-detik Trump Ditembak Terekam Video Warga

by


Jakarta, Pahami.id

Momen aneh sebelumnya Donald Trump ditembak saat kampanye pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat di Pennsylvania, Sabtu (13/7) waktu setempat, terekam video amatir warga di lokasi.

Sebuah peluru melintas di dekat Trump ketika dia berbicara kepada pendukungnya di Pennsylvania pada akhir pekan.


Agen Dinas Rahasia segera menahan Trump ketika mereka mendengar beberapa kali suara tembakan. Namun, calon presiden tersebut masih mengalami luka di telinganya.

Insiden tersebut memicu kritik terhadap Dinas Rahasia yang dianggap gagal. Beberapa pihak pun menilai penembakan ini aneh.

Kejanggalan tersebut salah satunya terekam dalam rekaman video warga di lokasi kejadian.

Dalam rekaman tersebut, orang-orang terlihat dengan panik memperingatkan penegak hukum tentang pria bersenjata tersebut sebelum melepaskan tembakan. Pelaku kemudian diidentifikasi sebagai Thomas Matthew Crooks.

Penegakan hukum adalah unit dalam Dinas Rahasia.

“Seseorang di atap. Itu dia, di sana,” kata orang dalam video tersebut Waktu New York.

“Dia ada di atap!” kata orang kedua. Dia kemudian memanggil petugas.

“Di sana, tepat di atap!” kata orang kedua.

Video itu juga memperlihatkan pria bersenjata itu berbaring telungkup di atas sebuah bangunan berwarna putih. Bangunan itu diidentifikasi sebagai lokasi penembakan.

Dalam rekaman tersebut, seorang aparat penegak hukum juga terlihat berjalan di dekat gedung tempat pelaku berada. Namun, belum jelas apakah dia mendengar peringatan dari orang-orang tersebut atau tidak.

Gedung tersebut berjarak 400 kaki atau 120 meter dari panggung tempat Trump menyampaikan pidatonya saat kampanye Pilpres AS.

Berdasarkan analisis NYT, video tersebut diambil pada pukul 18.09 waktu setempat, dua menit sebelum Trump ditembak.

Video lainnya – diambil sekitar 57 detik setelah video pertama berakhir – memperlihatkan sisi gedung menghadap peserta rapat umum.

Dalam video kedua, terlihat seorang petugas berjalan perlahan menuju gedung dari arah berbeda. Namun rekaman tersebut belum bisa memastikan apakah petugas tersebut sama seperti di video pertama.

Video tersebut juga memperlihatkan setidaknya tiga kendaraan polisi yang diparkir di samping gedung, termasuk satu tepat di luar pintu masuk. Namun belum ada informasi lebih lanjut apakah ada petugas di dalam mobil tersebut atau tidak.

Tiga belas detik setelah rekaman video diputar, ketika petugas berjalan sepanjang gedung menuju pria bersenjata, tembakan pertama terdengar.

Penembak sempat terlihat di atap. Petugas itu tersentak mendengar suara tembakan dan tampak berbalik dari gedung.

Secara terpisah, Sheriff Polisi Butler Pennsylvania Michael T Slupe mengatakan polisi berusaha menghentikan pelaku. Namun, upaya tersebut gagal.

Slupe mengatakan, petugas menemukan pelaku di atap gedung. Petugas kemudian mencoba menghubungi yang lain, mengutip CNN.

Namun pria bersenjata itu sadar dan mengarahkan pistolnya ke petugas.

Petugas akhirnya memutuskan untuk melindungi diri tanpa berusaha mencegah tindakan pelaku.

(isa/bac)