Berita Fokus Dunia Islam dan Amerika-Eropa

by


Jakarta, Pahami.id

Ketua Partai Kejutan Anis Matta kata Presiden terpilih Prabu Subiatidak menunjuk dua orang untuk mengisi posisi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu).

“Dua [wamenlu],” kata Anis saat ditanya awak media mengenai jumlah wakil menteri luar negeri usai mendatangi rumah Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (15/10).


Anis mengatakan, kedua orang tersebut adalah dirinya dan Duta Besar Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Arrmanatha Nasir.

Baru mendapat amanah dari Presiden (Prabowo terpilih) sebagai wakil menteri luar negeri, kata Anis.

Dia kemudian berkata, “Kemungkinan besar pekerjaannya [saya] bagi dunia Islam.”

Anis juga mengatakan, sebelumnya sudah ada pertemuan terkait pembahasan Wakil Menteri Luar Negeri. Ia pun mengaku sudah menandatangani pakta integritas, artinya bersedia menjabat posisi tersebut.

Dalam kesempatan itu, Anis juga menginformasikan bahwa Arrmanatha atau yang lebih dikenal dengan Arrmanatha akan menjadi Wakil Menteri Luar Negeri yang membidangi urusan Eropa-Amerika.

“Tadi (Tata), dia akan lebih fokus ke Amerika dan Eropa. Saya akan lebih fokus ke dunia Islam,” ujarnya.

Sementara itu, Tata juga terlihat menyambangi kediaman Prabowo hari ini.

Namun, dia tidak membeberkan tawaran posisi apa yang diberikan atau dibicarakan dengan Prabowo. Tata hanya mengatakan mereka sedang membicarakan situasi global saat ini.

“Kami membahas situasi global, tantangan dan peluang yang ada, dan Presiden menekankan pentingnya Indonesia untuk terus berperan aktif,” ujarnya.

Tata juga menjelaskan, Prabowo memintanya untuk membantu mengatasi berbagai tantangan yang ada dan berbagai peluang yang bisa diraih Indonesia.

Prabowo dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming akan dilantik pada 20 Oktober. Saat ini, dia dikabarkan mengukuhkan posisi para menteri dan wakilnya.

(tfq/isa/rds)