Waru Sidoarjo Dikepung Banjir, Warga Mulai Dievakuasi – Berita Jatim

by
Waru Sidoarjo Dikepung Banjir, Warga Mulai Dievakuasi

Pahami.id – Hujan menuang Sidoarjo Dua hari terakhir, wilayah Kecamatan Waru terendam banjir banjir.

Akibat intensitas hujan yang tinggi sungai Banyak simpul. Salah satu kawasan yang terendam banjir adalah Jalan Desa Waru.

Mengutip dari Beritajatim.com–rekan media Pahami.id, ketinggian air di kawasan itu mencapai 30-60 cm. Banyak rumah warga yang terendam air setinggi lutut orang dewasa.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur turun tangan mengevakuasi warga ke posko pengungsian di surau dan masjid.

BPBD Jatim juga menyediakan ambulans dan perahu karet untuk warga. Selain itu, mereka juga membuka dapur lapangan untuk menyiapkan kebutuhan makanan dan kasur bagi para pengungsi.

Kepala BPBD Jatim Gatot Soebroto yang diwakili Analis Pencegahan Bencana Dadang Iqwandy mengungkapkan, sebenarnya sudah ada mitigasi bencana dengan membersihkan beberapa sungai. Namun karena volume air yang besar, akhirnya meluap.

Sesuai instruksi Pak Kalaksa, kami segera membantu proses evakuasi, mendirikan pengungsian di Masjid Al-Matin dan mendirikan dapur umum untuk menampung kebutuhan logistik warga terdampak, ujarnya.

Salah satu warga Kampung RW 6 Waru, Khoir mengatakan, banjir kali ini datang secara tiba-tiba.

Kata dia, beberapa barang sudah dipindahkan ke tempat aman. Meski demikian, Khoir memilih mengungsi di Masjid Al-Matin.

“Ini yang terburuk, Tuan. Tadinya ada banjir tapi tidak sampai ke rumah. Biasanya hanya di teras. “Sekarang airnya masuk sampai ke sana, Pak,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kampung Waru Slamet Purwadi mengatakan, wilayah yang terendam banjir sebanyak 15 RW dan 49 RT. Kondisi terparah terjadi di kampung pesantren yang meliputi RW 01, 02 dan 03, Krajan 1, Krajan 2 dan Kelurahan Jati.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BPBD Jatim yang telah membantu proses perpindahan penduduk dan mempersiapkan Masjid Al-Matin untuk pemindahan,” ujarnya.

Selain Desa Waru, banjir yang terjadi kali ini juga melanda Desa Bungurasih, Desa Sawotratap, Desa Pepelegi, Desa Kedungrejo dan sejumlah desa lain di Waru serta sejumlah kecamatan di Kabupaten Sidoarjo.