Walah, Titik Api Terpantau Lagi di Hutan Gunung Lawu – Berita Jatim

by
Walah, Titik Api Terpantau Lagi di Hutan Gunung Lawu

Pahami.id – Titik panas kembali terpantau di hutan Gunung Lawu, Sabtu (28/10/2023). Kepulan asap di pinggir Jalan Lintas Sewu-Sarangan Cemoro, memasuki Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

Api di Gunung Lawu berhasil dipadamkan setelah kawasan tersebut diguyur hujan deras pada pekan lalu.

Dikutip dari Beritajatim.com–Jaringan Pahami.id Penghulu Plaosan Mukim Dian Maheru Roby Widiatmoko membenarkan adanya kebakaran tersebut.

“Sudah seminggu tidak hujan kan? Dan bara api ini menjadi panas dan hembusan angin akhirnya berkobar kembali dan menyebar. “Saat sampai di pinggir jalan, petugas terus menyemprot,” kata Dian.

Petugas gabungan kembali mendapat informasi mengenai lokasi kebakaran yang baru ditemukan. Upaya telah dilakukan untuk memadamkan api, namun pasokan air terhambat.

Posisi titik api yang cukup jauh dari jalan utama membuat petugas kesulitan memadamkan api.

“Apinya sudah membesar, basah. “Tapi kami masih menunggu karena masih mengumpulkan air dari Danau Sarangan,” lanjut Dian.

Dian menjelaskan, hingga saat ini api belum sepenuhnya padam. Masih ada bara api yang menyala.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran hutan Gunung Lawu kembali terjadi di pinggir jalan pintas Cemoro Sewu-Sarangan, Magetan, tepatnya di kawasan kavling 73 Resor Hutan Bertindak (RPH) Sarangan, Sabtu (28/10). ). /2023).

Awalnya petugas hanya bisa memadamkan api menggunakan alat penyemprot atau jet shooter yang menjangkau pinggir jalan. Tak lama kemudian, Pemadam Kebakaran Magetan tiba di lokasi dan memadamkan serta memadamkan api.