Viral Depan Rumah Warga Tuban Mengalir Tinja, Begini Kronologinya – Berita Jatim

by
Viral Depan Rumah Warga Tuban Mengalir Tinja, Begini Kronologinya

Pahami.id – Viral sebuah video tentang bagian depan rumah warga Tuban yang terendam kotoran atau kotoran manusia. Kejadian ini viral di media sosial.

Rumah tersebut diketahui milik Sumasri (57), warga Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban.

Dalam video yang viral, terlihat feses mengalir deras dari ketinggian di samping depan rumah Sumasri.

Setiyowati (32), putri pemilik rumah tempat pembuangan tinja, mengatakan, video viral itu diambil sekitar seminggu lalu. “Iya, kejadiannya sekitar seminggu yang lalu,” kata Setiyowati dikutip Suara Indonesia, Rabu (12/6/2023).

Kotoran manusia yang bercampur air tersebut berasal dari usaha jasa penyedotan Water Closed (WC) milik Martono, seorang warga desa.

Bahkan, orang tua Setiyowati pernah mengeluhkan kotoran yang mengalir di depan rumahnya. Ibunya pun memarahi pemilik jasa sedot toilet tersebut, namun tak dihiraukannya.

“Sudah ditegur, tapi tetap dibiarkan mengalir hingga hampir satu tangki kosong. Kalau alasannya bukan kesengajaan,” ujarnya.

Ia berharap pemilik jasa sedot toilet memperhatikan tempat pembuangan sampahnya agar tidak meluap ke rumahnya. Setiyowati juga meminta agar shelter dibangun lebih dalam.

Kejadian feses yang meluap ke rumah warga menarik perhatian Polsek Senori.

Kapolri Kombes Ali Kanafi mengungkapkan, peristiwa itu terjadi pada 28 November 2023. Namun hal itu telah direkonsiliasi oleh aparat desa setempat.

“Jadi kejadiannya tanggal 28 kemarin, dan saat itu sudah didamaikan oleh perangkat desa,” kata Ali.

Berdasarkan informasi dari pemilik pembersih toilet, limbah tersebut sebenarnya akan dimanfaatkan untuk pertanian. Namun, malah tumpah ke rumah tetangga.

Saat itu sudah jelas dan Pak Martono meminta maaf dan ingin membersihkan kotoran yang tersisa. Kemudian, kami konfirmasi sekali lagi dengan menghadirkan kedua belah pihak bahwa masalah ini sudah selesai, kata Ali Kanafi.