Timnas Basket Indonesia U16 Gagal Lolos Piala Asia Usai Kalah dari Filipina – Berita Jatim

by
Timnas Basket Indonesia U16 Gagal Lolos Piala Asia Usai Kalah dari Filipina

Pahami.id – Timnas U16 Indonesia dipastikan gagal lolos ke Kejuaraan Asia di Doha, Qatar, setelah kalah dari Filipina dengan skor 77-65 di GOR Basket Kertajaya Surabaya, Rabu (19/7/2023).

Pelatih Timnas U16 Indonesia Liem Filixs mengaku bangga dengan penampilan timnya. Meski kalah, para pemain tampil lebih baik dari pertandingan sebelumnya.

Hanya saja, kata dia, timnya masih kurang beruntung di babak kualifikasi ini.

“Anak-anak tampil bagus, sayang sekali ketika di awal pertandingan melawan Thailand ini kami kebobolan satu bola dan kemudian lawan Malaysia mampu menghentikannya, tapi kami kurang beruntung,” kata Liem usai pertandingan.

Liem menyebut timnya mampu memaksimalkan momen-momen penting pada kuarter pertama dan kedua, baru pada dua putaran terakhir Filipina tampil lebih baik.

“Jika faktor chemistry, anak-anak ini bisa bermain, tinggal bagaimana tim pelatih kami bisa membantu menurunkan ego mereka. Kami juga ingin mendapatkan poin, tapi ini permainan,” ucapnya.

Meski kalah dan gagal lolos ke kejuaraan Asia, Liem tetap mengapresiasi seluruh pemainnya yang berjuang sekuat tenaga hingga akhir pertandingan.

“Anak-anak sudah berusaha mencapai titik terakhir ketika waktu habis, mereka masih berjuang,” ujarnya.

Sementara itu, Pelatih Timnas Basket U-16 Filipina Joshua Vincent Reyes mengatakan pertandingan melawan Indonesia akan berlangsung alot. Sebab, selain dukungan suporter, tuan rumah bisa menerapkan pola permainan yang menyulitkan timnya.

“Permainan Indonesia sangat menantang, pertahanan mereka satu lawan satu, mereka bermain sangat keras, menggerakkan bola dan berhasil mendapatkan poin,” ujarnya.

Ia juga terkesan dengan cara timnas Indonesia bermain di final. “Saya sangat terkesan dengan permainan, pertahanan, dan energi tim Indonesia dari pertandingan ini,” katanya.

Mengenai kemenangan pada pertandingan ini, ia mengatakan karena kehadiran suporter Filipina di GOR Basket Kertajaya Surabaya.

“Para pemain kami bermain dengan penuh energi dan kehadiran fans di antara penonton membuat saya yakin itu membuat kami tampil lebih baik,” ucapnya.

Pada kuarter pertama, Timnas U16 Indonesia menunjukkan permainan yang cepat, mereka mampu mengalahkan Timnas Basket U16 Filipina, dan menutup kuarter tersebut dengan skor 21-16.

Memasuki kuarter kedua, Filipina bertekad mengejar selisih poin. Upaya itu pun berhasil, Timnas U16 Filipina mampu memimpin Indonesia di kuarter awal dengan skor 24-23.

Desakan para pemain Filipina tak berhenti, kuarter kedua berhasil dikuasai. Pemain Indonesia kesulitan mengembangkan permainan. Timnas Filipina U16 menutup kuarter tersebut dengan skor 38-32 atas Indonesia.

Indonesia melanjutkan upaya mengejar ketertinggalan dari Filipina pada kuartal ketiga. Namun, Timnas Basket Indonesia U16 justru tumbang dengan skor 65-51.

Di kuarter keempat, Timnas Filipina U16 memastikan kemenangan atas Indonesia dengan skor 77-65. Pemain Tim Basket Nasional Filipina U16 Kiefer Louie Alas mencetak 19 poin dalam pertandingan tersebut. Sedangkan pemain Timnas Indonesia U16 I Ketut Gede Bayu Prayoga Putra mencetak 19 poin.

Diketahui, dua tim dari kawasan Asia Tenggara, yakni Filipina dan Malaysia, dipastikan lolos ke kejuaraan tingkat Asia di Doha, Qatar. Sementara itu, Indonesia dan Thailand harus menerima kenyataan tak bisa berlaga di ajang tersebut.

Kontributor: Dimas Angga Perkasa