Tak Hanya Renovasi Rumah Ibu dan Anak di Blitar, Risma Juga Ambil Sampel Air untuk Diteliti – Berita Jatim

by
Tak Hanya Renovasi Rumah Ibu dan Anak di Blitar, Risma Juga Ambil Sampel Air untuk Diteliti

Pahami.id – Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini menjenguk Sasmiati (58), warga Blitar penyandang disabilitas intelektual. Mantan Wali Kota Surabaya ini memberikan perhatian dan juga mendorongnya untuk mempercepat renovasi rumahnya.

“Saat ini kami memprioritaskan percepatan pembangunan rumah ini,” kata Risma, Senin (23/10/2023).

Tak hanya mendorong percepatan renovasi rumah yang sudah tidak layak huni itu, ia juga memberikan bantuan pangan kepada keluarga Sasmiati.

Kondisi rumah Sumiati dan keluarganya sungguh memprihatinkan. Rumah berukuran 12×7 meter persegi, dinding retak, lantai semen retak, rangka dan tiang kayu lapuk. Beberapa ubin juga pecah.

Berikutnya pangan untuk difabel bisa terwujud karena ada hal tertentu, tapi maaf saya tidak bisa membicarakan hal itu, kata Risma.

“Yang harus kita hadapi bersama karena kondisinya tidak memungkinkan,” imbuhnya.

Tak hanya mendorong percepatan perbaikan rumah Sasmiati, Risma juga akan memberikan bantuan untuk mempercepat pekerjaan perbaikan rumah tersebut.

“Saya minta rumah ini siap dalam 1 minggu, ini dibantu Tagana, dibantu TKSK pendamping PKH. Sebenarnya anggarannya sudah ada, saya sendiri yang minta percepatan, karena kapan Saya lapor. Tadi malam sepertinya masih seperti ini, akhirnya saya turun minta pembangunannya segera dipercepat,” ujarnya.

Sementara itu, ketiga anak Sasmiati yang juga menderita disabilitas mulai beranjak dewasa. Anak pertamanya juga sudah mulai bekerja serabutan.

Risma berencana memeriksa sumber air di sekitar lokasi dengan mengirimkannya ke laboratorium.

“Iya nanti airnya kita cek di laboratorium, kalau ada masalah ya ada masalah, kalau tidak tidak masalah,” ujarnya.

Kontributor: Dimas Angga Perkasa